• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • Regulasi Emosi Terbukti Pengaruhi Pencapaian Prestasi Olahraga

Regulasi Emosi Terbukti Pengaruhi Pencapaian Prestasi Olahraga

  • 14 Juni 2012, 14:07 WIB
  • Oleh: Ika
  • 8160
Regulasi Emosi Terbukti Pengaruhi Pencapaian Prestasi Olahraga

Peringkat prestasi olahraga di Indonesia, khususnya pada cabang atletik, mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Sepanjang catatan sejarah olimpiade dan kejuaraan dunia atletik, hanya pada tahun 1988 pelari cepat perorangan Indonesia dapat lolos ke semi final. Namun, pada tahun-tahun berikutnya tidak ada satu pun catatan prestasi yang diraih.

Menurut Miftakhul Jannah, staf pengajar Universitas Negeri Surabaya (UNESA), terdapat sejumlah faktor yang memengaruhi pencapaian prestasi dalam bidang olahraga. Selain kesiapan fisik, pengusaan teknik, dan penerapan taktik yang tepat, faktor psikologis atlet juga berpengaruh terhadap pencapaian prestasi. “Di negara yang kerap meraih langganan juara telah lama menggunakan metodologi kepelatihan maupun unsur pendukung yang berbasis iptek, salah satunya adalah psikologi olahraga. Hal ini sebenarnya bisa dicontoh oleh Indonesia untuk mendongkrak prestasi pada cabang lari cepat 100 meter perorangan,” jelasnya dalam ujian terbuka program doktor di Fakultas Psikologi UGM, Kamis (14/6). Miftakhul Jannah menyampaikan disertasi berjudul Peran Konsentrasi, Kepercayaan Diri, Regulasi Emosi, Kemampuan Goal Setting, dan Resistensi terhadap Prestasi Pelari Cepat 100 Meter Perorangan.

Hasil penelitian yang dilakukan Miftakhul Jannah terhadap 51 orang atlet lari 100 meter perorangan yang mengikuti POMNAS XII tahun 2011 menunjukkan aspek psikologis yang berupa regulasi emosi memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap pencapaian prestasi atlet. Melalui proses kognitif, atlet meregulasi stimulasi emosi yang diterima dan memilih strategi yang tepat untuk melakukan tugas geraknya secara efektif. Efektivitas gerak yang dilakukan akan meningkatkan efisiensi waktu dalam kompetisi.

Temuan lain juga memperlihatkan kepercayaan diri, konsentrasi, dan goal setting turut mempengaruhi capaian prestasi seorang atlet. Atlet yang memiliki kepercayaan diri akan lebih berkonsentrasi terhadap tugas gerak yang harus dilakukan. “Atlet yang memiliki regulasi emosi tinggi akan lebih konsentrasi terhadap tugas gerak yang harus dilakukan sehingga mempercepat waktu tempuh yang diraih. Begitu pula atlet yang menetapkan goal setting dalam dirinya akan terdorong untuk presisten dalam berlatih untuk meraih prestasi,” kata wanita kelahiran Kediri, 17 Januari 1972.

Lebih lanjut disampaikan Miftakhul Jannah, guna meningkatkan prestasi atlet lari Indonesia, pemerintah perlu menjalankan sejumlah program pengelolaan atlet berbasis faktor psikologis yang terintegrasi. Beberapa di antaranya melalui penggunaan faktor psikologis sebagai konstruk alat ukur untuk mengidentifikasi kemampuan atlet, melengkapi faktor fisik diawal intensifikasi latihan, pengelompokan atlet berdasar faktor psikologis, pemantauan saat latihan, dan evaluasi penguasaan faktor psikologis. “Program pembinaan atlet pelari cepat berbasis aspek psikologis seperti pelatihan regulasi emosi perlu dilakukan untuk melengkapi latihan fisik, asupan nutrisi, agar prestasi pelari cepat lebih optimal,” pungkasnya. (Humas UGM/Ika)

Berita Terkait

  • Pendidikan Jasmani Terbukti Efektif Tingkatkan Kecerdasan Emosi Siswa SD

    Thursday,12 August 2010 - 14:42
  • Kompetensi Emosi Pengaruhi Prestasi Akademik Siswa Unggul

    Tuesday,30 March 2010 - 14:51
  • Teliti Pengaruh Psikoedukasi Penderita Hipertensi, Esti Raih Doktor

    Monday,15 June 2015 - 15:29
  • UGM dinobatkan Kampus Terbaik Peduli Prestasi Olahraga

    Friday,28 November 2008 - 13:40
  • Raih Doktor Usai Teliti Pengaruh Prestasi Akademik Pada Remaja

    Tuesday,28 January 2014 - 15:06

Rilis Berita

  • Memilih Pemimpin Bukan Hanya Bertumpu Pada Popularitas 05 June 2023
    Sosial Research Center (SOREC) Universitas Gadjah Mada dan Rumah Politik Kesejahteraan (RPK) mend
    Agung
  • Kegiatan Pengabdian BEM KM UGM Libatkan Mahasiswa Internasional 05 June 2023
    Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) UGM menyelenggarakan agenda
    Gloria
  • Mahasiswa Fisipol UGM Borong Prestasi di 6 Cabang Lomba dan 2 Kompetisi Nasional 05 June 2023
    Total 10 tim mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM berhasil meraih pengha
    Satria
  • UGM Jaring Kerja Sama Dengan 50 Institusi Pendidikan di The 75th NAFSA Annual Conference and Expo 2023 05 June 2023
    UGM mengembangkan kerja sama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat (tridarma)
    Ika
  • Mahasiswa Amerika Serikat Belajar Budaya Jawa dan Ajari Santri Gunungkidul Bahasa Inggris 05 June 2023
    Sebanyak 14 mahasiswa dan dua dosen dari Warren Wilson Collage (WWC), Amerika Serikat belajar sen
    Ika

Agenda

  • 06Jun Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Dra. Ratna Susandarini, M.Sc....
  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
  • 06Sep The 5th International Conference on Bioinformatics, Biotechnology, and Biomedical Engineering (BioMIC) 2023...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual