• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • Ratna Wulan: Pelatihan Membaca dengan Model Kognitif Behavioral Tingkatkan Kemampuan Membaca Anak

Ratna Wulan: Pelatihan Membaca dengan Model Kognitif Behavioral Tingkatkan Kemampuan Membaca Anak

  • 23 Maret 2009, 15:31 WIB
  • Oleh: Ika
  • 4928

Membaca merupakan salah satu kegiatan penting dalam kehidupan masyarakat modern. Dengan membaca akan diperoleh berbagai informasi baru. Namun, berdasarkan beberapa penelitian didapatkan fakta bahwa kemampuan membaca anak-anak tingkat SD dan SMP di Indonesia masih rendah, bahkan tertinggal jauh di bawah negara-negara lain.

“Bahkan masih dijumpai anak lulusan SD belum bisa membaca. Karena itu, perlu dilakukan suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan membaca anak-anak Indonesia,” kata Dra. Ratna Wulan, S.U., saat promosi ujian doktor di Auditorium Fakultas Psikologi UGM, Senin(23/3).

Menurut Ratna, pelatihan membaca merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak. Kemampuan membaca adalah kemampuan untuk mengucapkan kata-kata dari tulisan dan memahami arti kata-kata tersebut sebagaimana yang dimaksud oleh penulisnya. Kemampuan membaca harus dipelajari melalui serangkaian proses yang cukup panjang. “Modal supaya seseorang bisa memahami bacaan dengan baik adalah memiliki intelegensi dalam taraf normal, penguasaan kosakata yang banyak, sikap positif terhadap kegiatan membaca, serta berminat untuk membaca. Agar kemampuan membaca meningkat, jalan yang harus ditempuh adalah dengan meningkatkan jumlah pengusaaan kosakata, mengubah sikap terhadap membaca menjadi lebih positif, dan meningkatkan minat baca,” terang staf pengajar Fakultas Psikologi UGM ini.

Dalam disertasinya Ratna Wulan menguji empat isu utama, yakni peran intelegensi, penguasaan kosakata, sikap terhadap membaca, dan minat membaca. Dari uji tahap pertama diperoleh hasil bahwa penguasaan kosakata, intelegensi, sikap terhadap membaca, dan minat membaca secara bersama-sama berperan terhadap kemampuan membaca. Pada uji tahap kedua, Ratna menggunakan sampel anak SD di Kota Yogyakarta dengan memberikan perlakuan yang berbeda kepada mereka. Kelompok eskperimen mendapat pelatihan membaca, sedangkan kelompok kontrol tidak mendapatkan perlakuan apapun.

Dari eksperimen tersebut didapatkan hasil analisis berupa perbedaan skor kemampuan membaca antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Menggunakan anavoka dengan intelegensi sebagai kovariabel, diperoleh kesimpulan bahwa program pelatihan membaca dengan model kognitif-behavioral berperan dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak. Dalam analisis lebih lanjut, ditemui hasil bahwa pelatihan membaca dapat meningkatkan penguasaan kosakata dan sikap terhadap membaca, tetapi tidak meningkatkan minat baca.

“Penguasaan kosakata, intelegensi, sikap terhadap membaca, dan minat membaca secara bersama-sama berperan terhadap kemampuan membaca. Sebesar 29% dari penguasaan kosakata, 5,4% dari intelegensi, dan 0,6% dari sikap terhadap membaca. Sementara secara umum minat membaca tidak memberikan sumbangan secara nyata terhadap kemampuan membaca,” jelasnya.

Diungkapkan oleh wanita kelahiran Solo, 9 Februari 1947 ini bahwa aspek kognitif (penguasaan kosakata dan intelegensi) berperan langsung terhadap kemampuan membaca. Namun, tanpa adanya dukungan aspek afektif (sikap terhadap membaca dan minat membaca), kemampuan membaca tidak akan terwujud secara maksimal. Ditambahkannya, kemampuan membaca juga tidak akan berjalan maksimal jika tidak disertai dengan aktivitas membaca atau berlatih membaca secara terprogram.

"Diharapkan para orang tua lebih menanamkan dan memupuk sikap positif terhadap membaca sedini mungkin, menyediakan fasilitas bacaan, serta menciptakan suasana yang menyenangkan agar anak-anak tertarik untuk berlatih membaca, " tutur Ratna. (Humas UGM/Ika)

Berita Terkait

  • FAKTOR KONGNITIF YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SD

    Monday,03 April 2006 - 8:40
  • Literasi di Rumah Berpengaruh Kuat Pemahaman Anak Dalam Membaca

    Tuesday,17 July 2012 - 23:46
  • Pemahaman Membaca Siswa SD Indonesia Masih Lemah

    Wednesday,15 January 2014 - 15:06
  • Prof. Amitya: Membaca, Kunci Dasar Kesuksesan Akademik Anak

    Monday,31 May 2010 - 15:16
  • Raih Doktor Usai Teliti Literasi Awal Anak Dalam Keluarga

    Monday,03 November 2014 - 14:35

Rilis Berita

  • Terancam Punah, Yayasan KEHATI, OIC, dan The Body Shop Gelar Roadshow Peduli Orangutan di UGM 26 March 2023
    Awal bulan Novermber 2017 lalu, peneliti menemukan spesies baru orangutan di Sumatera U
    Satria
  • Penulis UGM Raih Gelar Penulis Terproduktif Kedua Versi The Conversation 25 March 2023
    Penulis The Conversation Universitas Gadjah Mada berhasil mendapatkan predikat penulis
    Satria
  • Mengenali Dampak Penggunaan Obat Pada Kulit 24 March 2023
    Meningkatnya penggunaan obat-obatan, baik karena pengobatan sendiri (self-medication), polifarmas
    Ika
  • Tim Magister Kenotariatan FH UGM Juara 2 PNF 2023 24 March 2023
    Tim Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada memperoleh juara 2 pada Padjadja
    Agung
  • Fenomena Cuaca Ekstrem di Indonesia Cenderung Meningkat 24 March 2023
    Dosen Laboratorium Hidrologi dan Klimatologi Lingkungan, Fakultas Geografi UGM, Dr. Andung Bayu S
    Gusti

Agenda

  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual