• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Promosi Doktor
  • Teliti Pengaruh Strategi Pembelajaran Eksperensial, Eva Raih Doktor

Teliti Pengaruh Strategi Pembelajaran Eksperensial, Eva Raih Doktor

  • 15 April 2014, 11:09 WIB
  • Oleh: Agung
  • 5460
Teliti Pengaruh Strategi Pembelajaran Eksperensial, Eva Raih Doktor
Teliti Pengaruh Strategi Pembelajaran Eksperensial, Eva Raih Doktor
Teliti Pengaruh Strategi Pembelajaran Eksperensial, Eva Raih Doktor
Teliti Pengaruh Strategi Pembelajaran Eksperensial, Eva Raih Doktor
Teliti Pengaruh Strategi Pembelajaran Eksperensial, Eva Raih Doktor
Teliti Pengaruh Strategi Pembelajaran Eksperensial, Eva Raih Doktor

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa belajar berdasar regulasi diri berperan terhadap peningkatan prestasi akademik, seperti prestasi belajar matematika, kemampuan menulis cerita, kemampuan berbahasa Inggris, medis dan teknologi informasi. Bahkan strategi belajar berdasar regulasi diri sangat efisien dipergunakan bagi seseorang yang mengalami kesulitan dalam belajar sekalipun.

Meski begitu, dalam kenyataan masih banyak ditemui mahasiswa yang memiliki belajar berdasar regulasi diri rendah. Masih ditemui perilaku-perilaku mahasiswa, seperti mencontek, plagiarisme, dan vandalisme yang merupakan indikasi dari motivasi belajar rendah.

Eva Latipah, S.Ag., M.Si, dosen Fakultas Tarbiyah & Keguruan UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta dalam penelitiannya mengungkap tingkat belajar berdasar regulasi diri mahasiswa relatif rendah ditemui pada program studi PGMI. Motivasi belajar yang rendah diperlihatkan mahasiswa dengan tidak memiliki keinginan untuk menggunakan strategi-strategi belajar kognitif tertentu yang dapat memperlancar belajarnya, seperti menggunakan peta konsep (mind map), membuat singkatan-singkatan dari materi yang akan diingat, atau bahkan melakukan elaborasi sebagai proses untuk memperdalam pemahaman materi.

Berdasar wawancara terhadap mahasiswa (perwakilan) diperoleh bahwa hal-hal yang dapat membuat mahasiswa termotivasi, diantaranya terkait cara dosen dalam menyampaikan materi. Cara dosen mengajar, ini terkait erat dengan strategi pembelajaran, bahwa strategi pembelajaran yang dipergunakan untuk mahasiswa perlu mempertimbangkan kondisi psikologis mahasiswa sebagai orang dewasa.

"Selain itu perlu mempertimbangkan pengalaman yang telah dimiliki mahasiswa. Pengalaman mahasiswa sangat berperan terhadap proses konstruksi pengetahuan mahasiswa," ujar Eva, di Auditorium G-100 Fakultas Psikologi UGM, Senin (15/4) saat menjalani ujian terbuka program doktor.

Dengan beberapa pertimbangan tersebut, kata Eva, maka strategi yang dipandang sesuai dengan strategi eksperiensial adalah strategi yang menekankan pentingnya pengalaman mahasiswa melalui sebuah siklus yang terdiri dari empat tahapan. Adapun keempat tahapan tersebut yaitu tahapan mengalami, mengamati dan merefleksikan, konstruksi abstrak atau generalisasi, dan implementasi.

"Strategi pembelajaran eksperiensial berpusat pada mahasiswa (student centered learning) dan berorientasi pada aktivitas. Sejumlah penelitian memperlihatkan bahwa terdapat perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam hal belajar berdasar regulasi diri," katanya.

Mempertahankan disertasi "Pengaruh Strategi Pembelajaran Eksperiensial Terhadap Belajar Berdasar Regulasi Diri Mahasiswa", Eva menyatakan pembelajaran eksperiensial memiliki tiga aspek penting, yaitu pengetahuan (konsep, fakta, informasi), aktivitas (penerapan dalam kegiatan) dan refleksi (analisis dampak kegiatan terhadap perkembangan individu). Ketiganya memiliki kontribusi penting dalam tercapainya tujuan pembelajaran. (Humas UGM/ Agung)

Berita Terkait

  • Teliti Pengaruh Psikoedukasi Penderita Hipertensi, Esti Raih Doktor

    Monday,15 June 2015 - 15:29
  • Teliti Efisiensi Seleksi Penanda Molekular, Dosen UPN Yogyakarta Raih Doktor

    Wednesday,15 April 2015 - 14:11
  • Raih Doktor Usai Meneliti Pengalaman Penikmat Wisata Petualangan

    Monday,16 May 2016 - 16:04
  • Raih Doktor Usai Mengkaji Kelengasan Tanah

    Wednesday,27 July 2016 - 16:11
  • Teliti Trilogi Belajar Akademik, Titik Raih Doktor

    Thursday,14 July 2016 - 15:36

Rilis Berita

  • Raih Doktor Usai Kaji Potensi Minyak Atsiri Rimpang Lengkuas Untuk Pakan Ternak 20 March 2023
    Penelitian penggunaan minyak atsiri lengkuas pada pakan sapi perah menjadi puncak kajian Dewi Rat
    Agung
  • Pertama Kalinya Sejak Pandemi, UGM Kembali Gelar Faculty Fair 18 March 2023
    Universitas Gadjah M
    Gloria
  • UGM Raih Penghargaan Media Sosial Terbanyak Sektor Perguruan Tinggi PR Indonesia Awards (PRIA) 2023 18 March 2023
    Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali berhasil meraih beberapa penghargaan pada ajang Public Rela
    Gusti
  • Raih Doktor Usai Kaji Makna Determinasi Waktu-Kematian 17 March 2023
    Disertasi Makna Determinasi Waktu-Kematian Berbasis Ide Kehendak Bebas Bagi Rekonstruksi Kons
    Agung
  • Fakultas Hukum UGM dan Kementerian Perdagangan RI Gelar Sosialisasi Anti-Dumping 17 March 2023
    Ketatnya persaingan dagang internasional turut mendorong negara-negara untuk menyusun r
    Satria

Agenda

  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual