• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Prestasi
  • FKH UGM Raih Sertifikat ISO 9001:2008

FKH UGM Raih Sertifikat ISO 9001:2008

  • 20 September 2014, 11:14 WIB
  • Oleh: Gusti
  • 5556
FKH UGM Raih Sertifikat ISO 9001:2008
FKH UGM Raih Sertifikat ISO 9001:2008
FKH UGM Raih Sertifikat ISO 9001:2008
FKH UGM Raih Sertifikat ISO 9001:2008
FKH UGM Raih Sertifikat ISO 9001:2008
FKH UGM Raih Sertifikat ISO 9001:2008

YOGYAKARTA - Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UGM menerima sertifikat ISO 9001:2008 dari TUVRheinland, Jerman, untuk sistem manajemen layanan akademik berstandar internasional. Sertifikat diserahkan langsung oleh Perwakilan TUVRheinland Indonesia, Sapto Hariyono, kepada Dekan FKH UGM, Dr. drh. Joko Prastowo, M.Si., Jumat kemarin (19/9). Penyerahan ini disaksikan langsung oleh para pengelola dan civitas akademika FKH UGM. 

Dihubungi wartawan pada hari Sabtu (20/9), Joko mengatakan dengan diperolehnya ISO 9001:2008 menegaskan bahwa FKH UGM telah memiliki mekanisme standar kerja yang semakin baik sehingga diharapkan mampu menaikkan daya saing FKH UGM di tingkat nasional maupun global."FKH memandang penting untuk membangun standar mutu layanan, apalagi yang kita layani bukan hanya mahasiswa lokal tapi juga mahasiswa asing yang kuliah di FKH," kata Joko.

Joko menyebutkan, saat ini ada total 57 mahasiswa asing dari Malaysia dan Timor Leste serta ribuan mahasiswa dari berbagai penjuru daerah di Indonesia yang tengah menempuh pendidikan dokter hewan di FKH UGM. Layanan terhadap mahasiswa ini tidak hanya mendorong kegiatan layanan akademik semakin kondusif namun juga makin menambah citra dan reputasi internasional FKH dengan diterapkan standar mutu, "Tentu saja layanan tidak terbatas pada mahasiswa termasuk juga untuk orang tua mahasiswa, alumni, masyarakat dan stakeholder," katanya.

Diakui Joko, tidak mudah bagi FKH untuk mendapat sertifikat ISO 9001:2008, setelah sebelumnya telah dilakukan proses penilaian sebanyak dua kali oleh tim auditor TUVRheinland dengan berkunjung dan mengaudit langsung ke seluruh bagian pengelola layanan akademik, bahkan melibatkan tenaga kependidikan dan tenaga pendidik. Menurut Joko, beberapa hal yang dijadikan tolak ukur penilaian oleh tim auditor diantaranya sistem layanan registrasi mahasiswa, proses belajar mengajar, layanan KRS, perubahan KRS, pelaksanaan ujian hingga layanan wisuda. Beruntung FKH UGM telah melakukan banyak perbaikan, salah satunya pengumpulan nilai ujian oleh dosen yang biasanya 2 minggu setelah masa ujian berakhir, dipersingkat menjadi satu minggu. Demikian juga dengan pengumpulan soal, dosen juga diharuskan mengumpulkan soal ujian selambat-lambatnya satu minggu sebelum ujian berlangsung. "Tagihan soal, kualitas soal semakin dijamin. Tujuh hari sebelum ujian, soal harus sudah disetor. Kita juga melakukan verifikasi dan validasi soal," terangnya.

Perwakilan lembaga sertifikasi TUVRheinland, Sapto Hariyono, mengatakan dengan diterima sertifikat ini menjadi bukti FKH UGM telah menerapkan sistem manajemen mutu standar internasional. Sertifikat yanng berlaku selama 3 tahun ini, kata Sapto, kemungkinan juga bisa dicabut apabila dalam prakteknya tidak sesuai standarisasi. 

Sebelum sertfikat diserahkan, Sapto menuturkan pihaknya 3 bulan sebelumnya telah menlakukan audit di semua bagian layanan akademik FKH yang menjadi ujung tombak dalam layanan sistem manajemen mutu. Sapto menyebutkan, FKH merupakan satu dari 2000-an institusi dan perusahaan di seluruh Indonesia yang menggunakan sertifikasi internasional dari kantornya. "Di Jogja ada 300-an institusi, selain UGM, ada UIN dan UII," pungkasnya. (Humas UGM/Gusti Grehenson)

Berita Terkait

  • FKH UGM Raih Sertifikat ISO 9001:2008

    Saturday,20 September 2014 - 11:14
  • FTP UGM Raih ISO 9001:2008

    Wednesday,31 March 2010 - 16:21
  • Sembilan Unit Kerja UGM Raih Sertifikat ISO 9001:2000

    Friday,08 August 2008 - 10:41
  • KKN PPM UGM Lolos Penilaian ISO 9001:2000

    Thursday,26 June 2008 - 10:07
  • Fakultas Peternakan UGM Direkomendasikan Akreditasi ISO 9001:2000

    Monday,23 June 2008 - 16:11

Rilis Berita

  • Masyarakat Lombok Utara Apresiasi KKN Kolaborasi UGM 28 January 2023
    Masyarakat memberikan apresiasi pelaksanaan KKN Kolaborasi yang dirintis oleh Universitas Gadjah
    Satria
  • Evaluasi dan Temu Mitra Supplyer Gerai UMKM 27 January 2023
    Sebagai media memfasilitasi pemasaran produk UMKM binaan sivitas akademika UGM, Gerai UMKM yang b
    Agung
  • Dirjen Diktiristek Puji Fasilitas Field Research Center UGM 27 January 2023
    Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Prof. Ir. Nizam,
    Gloria
  • Raih Doktor Usai Teliti Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong 27 January 2023
    Peneliti Ahli Utama, Pusat Riset Sumberdaya Geologi, BRIN, Ir. Chusni Ansori, M.T., dinyatakan lu
    Agung
  • Rektor UGM Paparkan Konsep HPU di Kampus UNRAM 27 January 2023
    Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K), memaparkan konse
    Satria

Agenda

  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual