• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Guyub
  • Kabar UGM
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Promosi Doktor
  • Iklim Kelas Kondusif Turunkan Kecemasan Siswa Belajar Matematika

Iklim Kelas Kondusif Turunkan Kecemasan Siswa Belajar Matematika

  • 26 November 2014, 14:48 WIB
  • Oleh: Ika
  • 5630
  • PDF Version
 Iklim Kelas Kondusif Turunkan Kecemasan Siswa Belajar Matematika

Matematika hingga saat ini masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar siswa. Selain sulit dipahami, guru yang terlihat kaku dalam pembelajaran menambah daftar panjang ketidaksukaan siswa  terhadap mata pelajaran ini.

Dosen prodi Psikologi Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri, Rini Risnawita Sumita, M.Si., mengatakan matematika masih dipandang sebagai salah satu mata pelajaran yang menjadi stresor utama dalam proses belajar di sekolah. Tingginya tingkat kecemasan dalam pembelajaran semakin menambah ketidaksukaan terhadap pelajaran matematika sehingga menurunkan pemahaman siswa terhadap matematika.

“Kecemasan pada siswa terjadi salah satunya karena metode pembelajaran yang digunakan kurang memperhatikan aspek psikologi siswa. Pembelajaran dilakuakn secara monoton sehingga kurang membantu siswa untuk bisa lebih memahami pelajaran dengan mudah dan menyenangkan,” paparnya Rabu (26/11) saat ujian terbuka program doktor di Fakultas Psikologi UGM. Mempertahanakan disertasi berjudul "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Matematika pada Siswa SMA".

Dari penelitian yang dilakukan pada 765 siswa SMA di kota Kediri, Jawa Timur diketahui bahwa iklim kelas menjadi faktor yang sangat berperan secara langsung terhadap kecemasan matematika pada siswa. Pasalnya iklim kelas menjadi komponen penting yang menjadikan proses pembelajaran menarik maupun menjadikan guru dan siswa saling mendukung dalam pembelajaran.

“Iklim kelas yang baik menjadikan siswa termotivasi untuk belajar dengan baik serta bisa belajar matematika dengan positif. Namun sebaliknya, dengan iklim kelas yang buruk membuat siswa bertambah stres dan semakin menambah kecemasan belajar matematika,” jelas wanita kelahiran Pulau Sambu, 15 Desember 1977 lalu ini.

Oleh sebab itu, Rini menegaskan pentingnya menciptakan iklim kelas yang positif oleh para guru dalam proses belajar mengajar matematika. Dengan begitu diharapkan kepercayaan diri dan minat belajar siswa terhadap matematika bisa meningkat. “Pada akhirnya siswa dihaapkan bisa lebih paham terhadap matematika,” ujarnya.

Rini menambahkan, peran orang tua untuk mendorong dan memotivasi juga dibutuhkan. Meskipun tidak secara langsung bis amenurunkan kecemasan matematika, tetapi adanya dukungan akademik orang tua bisa membantu menumbuhkan kepercayaan diri dan minat belajar matematika pada anak.  (Humas UGM/Ika)

Berita Terkait

  • TINGGINYA KUALITAS BELAJAR SISWA KELAS AKSELERASI DI KOTA YOGYA

    Friday,20 January 2006 - 17:01
  • Model Belajar Berdasar Regulasi Diri Permudah Belajar Matematika

    Tuesday,30 July 2019 - 7:52
  • Teliti Trilogi Belajar Akademik, Titik Raih Doktor

    Thursday,14 July 2016 - 15:36
  • Mind Mapping dan Efikasi Diri Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Matematika

    Tuesday,09 September 2014 - 14:04
  • Pemahaman Membaca Siswa SD Indonesia Masih Lemah

    Wednesday,15 January 2014 - 15:06

Rilis Berita

  • Mendiskusikan Borobudur Sebagai Kawasan Wisata Super Prioritas 28 June 2022
    Borobudur berbeda dengan destinasi-destinasi wisata yang lain, semisal Dieng, Sangiran dan lain-l
    Agung
  • Epilepsi dan Penanganannya 28 June 2022
    Epilepsi atau banyak dikenal sebagai ayan adalah gangguan kelistrikan yang terjadi di dalam otak.
    Satria
  • UGM Dukung Mitigasi Perubahan Iklim Lewat Kegiatan Tridarma 27 June 2022
    UGM menyatakan komitmennya dalam upaya mendukung mitigasi perubahan iklim akibat pemanasan global
    Ika
  • Peneliti UGM Beri Masukan Terkait Pengelolaan Cukai Tembakau ke BAKN DPR 27 June 2022
    Universitas Gadjah Mada menerima kunjungan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (B
    Gloria
  • Epidemiolog UGM: Lonjakan Kasus Covid-19 Akibat Klaster Libur Lebaran dan Varian Omicron Baru 27 June 2022
    Belakangan ini jumlah kasus harian Covid-19 lebih dari 2,000 kasus. Total jumlah kasus aktif hing
    Gusti

Info

  • Streaming Studium Generale MKWU Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada
    05 November 2019
  • Streaming Wisuda Diploma dan Sarjana UGM Periode Agustus 2019
    21 August 2019
  • Video Streaming Penutupan PPSMB 2019 Universitas Gadjah Mada
    09 August 2019
  • Streaming Sosialisasi Penelitian Desentralisasi, Kompetitif Nasional, dan Penugasan Tahun 2020
    01 August 2019
  • Streaming wisuda Pascasarjana UGM Periode Juli 2019
    24 July 2019

Agenda

  • 21Jul The International Conference on Sustainable Environment, Agriculture, and Tourism (ICOSEAT)...
  • 07Sep The 8th International Conference on Science and Technology (ICST 2022)...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2022 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual