• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Palawa
  • Webmail
  • Direktori
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Promosi Doktor
  • Dukungan Pemasaran dan Moral Kognitif Pengaruhi Kinerja Penjualan

Dukungan Pemasaran dan Moral Kognitif Pengaruhi Kinerja Penjualan

  • 06 Maret 2015, 15:39 WIB
  • Oleh: Satria
  • 3323
  • PDF Version
Dukungan Pemasaran dan Moral Kognitif Pengaruhi Kinerja Penjualan

Organisasi yang melihat karyawannya sebagai aset yang paling berharga akan memperlakukan mereka sebagai pelanggan internal, untuk mendapatkan keuntungan yang kompetitif. Pelayanan pada pelanggan internal merupakan bagian penting dalam menciptakan keberhasilan organisasi. Sementara itu, relevansi pemasaran internal terhadap operasi layanan terletak pada peningkatan kualitas pekerjaan di perusahaan-perusahaan berorientasi pelanggan.

“Pemasaran internal merupakan proses penciptaan lingkungan pada setiap karyawan untuk bertindak baik sebagai klien dan pelanggan dalam rangka menciptakan tanggung jawab, ”papar Ribhan pada ujian terbuka program doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM, Jumat (6/3).

Pada kesempatan tersebut Ribhan mempertahankan disertasinya berjudul "Pengaruh Pemasaran Internal dan Moral Kognitif Pada Kinerja Tenaga Penjualan Bisnis ke Bisnis". Penelitian yang dilakukannya ini ditujukan untuk mengkonfirmasi dan menganalisis model pemasaran internal dan moral kognitif pada kinerja keperilakuan dan kinerja hasil tenaga penjualan. Beberapa konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep relationship marketing dan marketing ethic.

“Disini sebaiknya organisasi menghargai dan menghormati karyawan sebagai pelanggan internal maupun eksternal. Sementara itu karyawan berkewajiban melakukan pekerjaan dan menghasilkan kinerja,” tuturnya.

Ribhan menuturkan penelitiannya ini dilakukan dengan menggunakan desain riset survei di beberapa perusahaan terbaik Indonesia versi Fortune 2011 dengan total responden 460 orang yang berasal dari 13 perusahaan jasa atau manufaktur.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran internal mendukung secara empiris pada pengembangan kognitif, sedangkan pengaruh pemasaran internal tidak secara keseluruhan mendukung dua dimensi kinerja tenaga penjualan. Hanya kinerja keperilakuan tenaga penjualan saja yang didukung secara empiris pada dimensi kinerja keperilakuan dan kinerja hasil tenaga penjualan, begitu juga kinerja keperilakuan mendukung secara empiris pada kinerja hasil tenaga penjualan bisnis ke bisnis pada perusahaan terbaik di Indonesia.

“Secara teoretis, pemasaran internal dan moral kognitif memberikan dukungan pada konsep relationship marketing dan teori marketing ethic,” pungkas dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung itu. (Humas UGM/Satria)

 

 

Berita Terkait

  • Faktor Individu Berpengaruh Pada Bias Audit

    Tuesday,06 November 2018 - 15:10
  • Kepatuhan Pajak Masih Menjadi Masalah Serius

    Tuesday,29 January 2019 - 15:52
  • Kunjungan Museum di Yogyakarta Rendah

    Thursday,01 November 2018 - 14:47
  • Pembelian Kompulsif Pengaruhi Niat Beli Ulang Konsumen

    Friday,16 August 2019 - 15:16
  • Kepublikan Pengaruhi Partisipasi Perencanaan Pada Kinerja Organisasional

    Wednesday,06 October 2010 - 14:45

Rilis Berita

  • Raih Doktor Usai Teliti Pengaruh Pengungkapan Sukarela Modal intelektual 16 December 2019
    Modal intelektual menjadi salah satu informasi yang dapat diungkapkan secara sukarela dan dapat m
    Agung
  • Pusat Studi Asean Diminta Kaji Soal Sengketa Laut Cina Selatan 16 December 2019
    Dirjen Kerja Sama Asean, Kementerian Luar Negeri RI, Jose Antonio Morato Tavares, menyebutkan saa
    Gusti
  • UGM Kembangkan Inovasi Penghitung Emisi Gas Rumah Kaca dari Lahan Pertanian 16 December 2019
    Peneliti UGM membuat ter
    Ika
  • Anak Muda Milenial Bicara Soal Kebangsaan 16 December 2019
    Anak muda sebagai generasi milenial saat ini terancam dari berbagai paham ajaran dan ideologi tra
    Gusti
  • Teladan Sosok Pemimpin dari Kalimataya 16 December 2019
    UGM menggelar ‘Pementasan Wayang Kulit’ pada Sabtu (14/12) di halaman Balairung UGM.
    Satria

Info

  • Streaming Studium Generale MKWU Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada
    05 November 2019
  • Streaming Wisuda Diploma dan Sarjana UGM Periode Agustus 2019
    21 August 2019
  • Video Streaming Penutupan PPSMB 2019 Universitas Gadjah Mada
    09 August 2019
  • Streaming Sosialisasi Penelitian Desentralisasi, Kompetitif Nasional, dan Penugasan Tahun 2020
    01 August 2019
  • Streaming wisuda Pascasarjana UGM Periode Juli 2019
    24 July 2019

Agenda

Tidak ada agenda terbaru saat ini

Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2019 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontak