• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Guyub
  • Kabar UGM
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • Meski Banyak Kekurangan, Bus Patas Jogja Tetap Akan Beroperasi

Meski Banyak Kekurangan, Bus Patas Jogja Tetap Akan Beroperasi

  • 05 Januari 2008, 13:19 WIB
  • Oleh: Humas UGM
  • 2882
  • PDF Version

Beroperasinya bus patas di Jogjakarta akhir Januari nanti, Pustral UGM berharap akan berjalan sukses terlepas dari beberapa kekurangannya, baik dalam hal pengadaan halte maupun masih bercampurnya dengan pengguna lalu lintas lainnya. Sebagai pemberi saran, dan bukan sebagai tim yang terlibat dalam perencanaan teknis , pengorganisasian hingga persiapan penyelenggaraan, Pustral mengkhawatirkan bus patas ini akan semakin memperparah kesemrawutan lalu lintas di kota pelajar ini.

“Masyarakat diperkirakan akan membayar lebih mahal dari kendaraan umum lainnya. Tetapi kelebihannya hanya menikmati bus ber AC. Sementara dari sisi kecepatan tidak terpenuhi karena jadi satu jalur dengan angkutan lainya,” kata Kepala Pustral UGM, Dr Heru Sutomo MSc, Sabtu (5/1) di kampus UGM.

Dengan menjadi satu jalur antara bus patas dengan kendaraan umum, Pustral UGM melihat akan terjadi tingkat kemacetan yang lebih tinggi, khususnya di jalur padat seperti jalan Malioboro. Terlebih, semua jenis angkutan dari becak hingga bus melewati jalur ini.

Prof Dr Danang Parikesit pun mengakui Bus Patas ini bukan sebagai Bus Rapid Transit atau Busway. Dalam pandangannya, berbagai desain yang dibangun kurang memenuhi kaidah-kaidah bagi keselamatan. Bahkan, menurutnya, sejumlah arsitektur menilai pintu bus yang berada di sebelah kiri akan menyulitkan sopir untuk merapatkan bus di halte dengan baik.

Hal ini dikhawatirkan justru akan memunculkan resiko baik bagi penumpang yang naik maupun turun bus atau yang sedang menunggu di halte. Terutama pada anak-anak. Sistem feeder juga belum tertata dengan baik padahal feeder merupakan kunci keberhasilan sistem bus patas,” kata Prof Danang.

Meski begitu, Pustral dan Pemerintah Kota Jogyakarta tidak perlu mengundur pemberlakuan bus patas ini. Hanya saja, segala kekurangan harus segera ditutup agar nantinya subsidi sekitar Rp20 milyar yang dikeluarkan pemerintah kota benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

“Jakarta pada waktu memberlakukan busway juga masih mempunyai banyak kekurangan. Tetapi dengan cepat pemerintah setempat mengejar kekurangan tesebut,” tandasnya. (Humas UGM)

Berita Terkait

  • Mengharap Beroperasinya Bus Patas di Yogyakarta

    Monday,15 January 2007 - 11:56
  • Terus Merugi, Rute Trans Jogja Segera Ditata

    Monday,01 August 2011 - 12:48
  • Bus Trans Jogja, 8000 Orang/Hari

    Monday,17 March 2008 - 9:43
  • Masyarakat Masih Keluhkan Lamanya Waktu Tempuh Trans Jogja

    Friday,29 April 2011 - 9:17
  • Jumlah Pengguna Trans Jogja Menurun

    Wednesday,25 June 2008 - 14:29

Rilis Berita

  • Mendiskusikan Borobudur Sebagai Kawasan Wisata Super Prioritas 28 June 2022
    Borobudur berbeda dengan destinasi-destinasi wisata yang lain, semisal Dieng, Sangiran dan lain-l
    Agung
  • Epilepsi dan Penanganannya 28 June 2022
    Epilepsi atau banyak dikenal sebagai ayan adalah gangguan kelistrikan yang terjadi di dalam otak.
    Satria
  • UGM Dukung Mitigasi Perubahan Iklim Lewat Kegiatan Tridarma 27 June 2022
    UGM menyatakan komitmennya dalam upaya mendukung mitigasi perubahan iklim akibat pemanasan global
    Ika
  • Peneliti UGM Beri Masukan Terkait Pengelolaan Cukai Tembakau ke BAKN DPR 27 June 2022
    Universitas Gadjah Mada menerima kunjungan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (B
    Gloria
  • Epidemiolog UGM: Lonjakan Kasus Covid-19 Akibat Klaster Libur Lebaran dan Varian Omicron Baru 27 June 2022
    Belakangan ini jumlah kasus harian Covid-19 lebih dari 2,000 kasus. Total jumlah kasus aktif hing
    Gusti

Info

  • Streaming Studium Generale MKWU Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada
    05 November 2019
  • Streaming Wisuda Diploma dan Sarjana UGM Periode Agustus 2019
    21 August 2019
  • Video Streaming Penutupan PPSMB 2019 Universitas Gadjah Mada
    09 August 2019
  • Streaming Sosialisasi Penelitian Desentralisasi, Kompetitif Nasional, dan Penugasan Tahun 2020
    01 August 2019
  • Streaming wisuda Pascasarjana UGM Periode Juli 2019
    24 July 2019

Agenda

  • 21Jul The International Conference on Sustainable Environment, Agriculture, and Tourism (ICOSEAT)...
  • 07Sep The 8th International Conference on Science and Technology (ICST 2022)...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2022 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual