
Unit Koperasi Mahasiswa (Kopma) Universitas Gadjah Mada resmi meluncurkan produk membership atau keanggotaan Kopma dan Official Merchandise UGM. Dua produk tersebut diperkenalkan pada Rabu (30/7) di UGM Shop, Gelanggang Inovasi dan Kreativitas (GIK) bersama jajaran pimpinan universitas, fakultas, dan mahasiswa. Peluncuran produk tersebut sekaligus menjadi ajang silaturahmi dan pengenalan produk-produk merchandise UGM yang diproduksi bersama berbagai mitra kerja sama.
Ketua Kopma UGM, Alifia Safira, hadirnya inovasi baru dari Kopma UGM merupakan murni kreasi mahasiswa dalam memberdayakan koperasi. “Peluncuran hari ini adalah sangat penting, kami memperkenalkan dua inovasi kami yang dikemas dengan gaya anak muda,” terangnya.
Pada produk Membership Kopma UGM, terdapat dua kategori yakni Gold dan Silver membership. Keduanya menawarkan berbagai kemudahan bertransaksi dan belanja di Kopma UGM, termasuk mengakses berbagai produk-produk official merchandise UGM. Produk ini ditawarkan pada mahasiswa dan alumni untuk meningkatkan relasi antara Kopma UGM dengan sivitas.
Salah satu karya menarik hadir melalui program Kopmaborasi yang diinisiasi Kopma UGM bersama mahasiswa. Acintya Zahra, mahasiswa Fakultas Teknik UGM menjelaskan prosesnya mendesain kaos yang menjadi salah satu produk baru merchandise UGM. Desain kaos memiliki kesan sederhana, namun bermakna dengan karya berjudul “Identitas, Semangat, dan Kekhasan UGM”. Pada bagian tengah terdapat ilustrasi jejak langkah mahasiswa di kampus UGM yang digambarkan melalui beberapa fase mulai dari mahasiswa baru hingga menjadi wisudawan. Ilustrasi ini membawakan semangat perjuangan yang mengakar kuat dengan melihat kembali proses yang sudah dijalani.
“Rasa semangat saya ingin tampilkan dalam ilustrasi ini melalui warna dan atribut-atribut ilustrasi. Ketika mendengar tema ‘perjalanan’ itu saya langsung tergambar sebuah lomba estafet. Bagaimana proses dan fase terus menemani langkah di UGM,” jelas Acintya. Dalam proses mendesain sendiri, Acintya mengambil banyak inspirasi di lingkungan kampus, seperti teman-teman dan dirinya sendiri. Segala aspek filosofi dipertimbangkan agar pesan, kesan, dan makna dapat tertuang dalam ilustrasi.
Rektor UGM, Prof. Ova Emilia dengan bangga memberikan apresiasi dan dukungan atas inovasi baru yang dihadirkan Kopma UGM. Menurutnya, kiprah koperasi tidak bisa hanya berkutat pada cara-cara masa lampau, melainkan bisa mengeksplorasi lebih dalam potensi-potensi terkini melalui kolaborasi. “Transformasi ini menjadi titik penting bagi Kopma mahasiswa dan UGM sendiri. Kiprah koperasi harus bisa melihat ke depan agar kemanfaatannya menjadi semakin luas,” tutur Ova.
Dukungan juga turut disampaikan oleh Wakil Rektor UGM Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Alumni, Dr. Arie Sujito, S.Sos., M.Si. Ia melihat representasi makna koperasi dari pengembangan Kopma UGM. Koperasi yang dikelola mahasiswa perlu dijadikan sebagai wadah kreativitas, belajar, sekaligus meningkatkan kesejahteraan. Hal ini melibatkan berbagai aspek penting yang dapat dijadikan pembelajaran bagi mahasiswa, seperti kolaborasi dan gotong royong.
Peluncuran produk Kopma UGM menandai komitmen UGM dalam memberikan wadah kreasi dan inovasi yang terbaik bagi mahasiswa. Proses pembelajaran dipercaya tidak hanya hadir di ruang-ruang kelas, melainkan juga melalui berbagai aktivitas dan keorganisasian yang dapat menghadirkan buah pikir kreatif dan berdampak.
Penulis : Tasya
Editor : Gusti Grehenson
Foto : Donnie