Kawasan Ubud, Tegallalang, dan Payangan yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali, hingga saat ini masih menjadi desa wisata favorit bagi turis lokal maupun mancanegara. Padahal di wilayah Kabupaten Gianyar lainnya terdapat kawasan wisata yang memiliki potensi tinggi untuk dikembangkan, sebagai contoh Desa Kedisan. Salah satu destinasi wisata di Desa Kedisan adalah Air Terjun Ulu Petanu, objek ini dikunjungi sekitar 6.000 wisatawan lokal dan mancanegara setiap bulannya. Sayangnya pengelolaan yang dilakukan oleh BUMDes setempat masih belum optimal dikarenakan kurangnya sumber daya manusia serta pola pemasaran yang berbeda di masing-masing pengelola.
Bermula dari keprihatinan tersebut, 30 mahasiswa KKN Kembara Tegallalang yang tersebar di Desa Kenderan dan Desa Kedisan membuat situs web (website) untuk mempromosikan potensi pariwisata dan UMKM. Penggunaan media digital bagi para pelaku usaha dipercaya dapat secara efektif mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. “Keunggulan media digital dapat menekan biaya promosi dan memiliki efektivitas yang lebih tinggi untuk promosi dibandingkan dengan cara konvensional melalui spanduk ataupun baliho,” ungkap Drs. Pande Made Kutanegara, M.Si., Ph.D selaku dosen pembimbing lapangan saat diwawancara, Kamis (22/8).
Pande menambahkan pihak UGM selalu siap untuk mengabdi dan mengembara di seluruh desa di Kabupaten Gianyar. Apalagi sudah lebih dari 10 tahun, UGM telah menjalin kerja sama dengan pemerintah Kabupaten Gianyar dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. “UGM berharap mahasiswa KKN bisa selalu diterima dan ditempatkan di sini sehingga program yang sudah berjalan bisa berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya,” tuturnya.
Mahasiswa mengembangakan situs web pesonakedisan.com untuk memberikan informasi terkait desa, tujuan wisata, profil UMKM, dan warisan budaya, tetapi juga menyajikan berbagai informasi layaknya perpustakaan digital. Tim Kembara Tegallalang juga menyediakan barcode agar situs web bisa diakses melalui ponsel. Informasi ini tanpa batas akses dan dapat dilakukan kapan saja maupun di mana saja sehingga sangat efektif dalam mempromosikan sektor wisata di Desa Kedisan.
Dewa Ketut Raka, Kepala Desa Kedisan, mengucapkan terima kasih atas program kerja mahasiswa KKN Kembara Tegallalang karena dengan situs web tersebut, Desa Kedisan memiliki kemudahan untuk promosi panorama alam dan budaya melalui media digital. “Kami jadi mudah memvisualisasikan semua potensi yang kami miliki melalui internet sehingga dapat menarik minat calon wisatawan untuk datang ke daerah ini,” ucapnya.
Selain mengembangkan situs web, selama 50 hari mahasiswa KKN Kembara Tegallalang yang terdiri dari empat klaster yakni kesehatan, saintek, agro, dan sosial humaniora melakukan program kerja lain bersama kelompok tani, karang taruna, dan anak-anak sekolah untuk menjadi bagian dari masyarakat desa.
Penulis : Triya Andriyani
Foto : Googlemap@indahwindiasari