Pemasaran konten menjadi salah satu instrumen penting dan efektif dalam strategi digital marketing. Oleh karena itu, penting untuk memahami audiens tentunya dapat menciptakan konten yang berkualitas, relevan dan sesuai kebutuhan mereka, serta dapat meningkatkan engagement yang pada akhirnya akan mengkonversi audiens menjadi pelanggan setia. Strategi pemasaran dengan konten tentunya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness), dan membangun kepercayaan audiens dengan konten yang informatif dan bernilai.
Masageng Widagdhaprasana, S.I.P., MMktg.Coms, dosen Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas ISIPOL UGM) mengatakan efektivitas pemasaran konten dapat dilakukan dengan mengenal dan memahami audiens sasaran. Hal ini dilakukan agar dapat diciptakan konten yang berkualitas dan sesuai kebutuhan pelanggan.
Adapun langkah yang harus dilakukan untuk mengenal audiens diantaranya dengan membuat profil pembeli (buyer persona). Harus memahami pula segmentasi audiens, dan memahami perjalanan pelanggan (customer journey). “Perlu pula melakukan riset kata kunci berdasarkan audiens, memperhatikan feedback dan tanggapan, serta melakukan analisis data”, katanya di Ruang Sidang 1 DPKM UGM, Rabu (2/10) saat menjadi pembicara UMKM CLASS SERIES #10 bertema Strategi Meningkatkan Penjualan UMKM secara Online Menggunakan Search Engine Optimization (SEO).
Mengupas topik Pemasaran Konten UMKM untuk Meningkatkan Konversi, Widas memaparkan berbagai jenis konten dalam strategi pemasaran diantaranya blog posts yang dapat menyediakan informasi mendalam dan meningkatkan SEO. Video yang dapat meningkatkan engagement dan visualisasi informasi, dan infografis yang mampu menyajikan data yang mudah dipahami. “Bisa pula dengan podcast yang diharapkan dapat membangun hubungan melalui dialog”, terangnya.
Sementara Muhammad Oriza Nurfajri, S.Kom., M.IT., Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika, Fakultas MIPA UGM yang mengupas topik Meningkatkan Visibilitas UMKM Menggunakan Search Engine Optimization (SEO) mengatakan SEO dapat membantu meningkatkan visibilitas website UMKM pada mesin pencari seperti Google, jika dipergunakan secara optimal. Hal tersebut karena pemasaran konten yang berharga mampu menjadi daya tarik pengunjung yang lebih banyak pada website, meningkatkan peluang konversi penjualan, dan terbangunnya kredibilitas brand atau merek. “Di dalam digital marketing, SEO tidak saja hanya meningkatkan ranking di search engine, tetapi juga mampu membangun kredibilitas dan meningkatkan kualitas lalu lintas di website UMKM, serta mendukung pertumbuhan bisnis”, ungkapnya.
Dr. Djarot Heru Santoso, M.Hum selaku Sekretaris Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat UGM menyatakan para pelaku UMKM dapat memanfaatkan teknologi informasi saat ini dengan berbagai pirantinya agar berdampak dalam meningkatkan kredibilitas brand UMKM dan meningkatkan jumlah pelanggan yang loyal.
Penulis : Agung Nugroho
Foto : Dok.DPkM