
Universitas Gadjah Mada dan PT Fast Retailing Indonesia/ UNIQLO sepakat menjalin kerjasama di bidang Pendidikan dan Pengembangan Karier, serta bidang lain yang disepakati oleh keduanya. Naskah perjanjian kerjasama ditandatangani Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan Usaha dan Kerja Sama, Dr. Danang Sri Hadmoko, S.Si., M.Sc dan Noriaki Koyama selaku Direktur PT Fast Retailing Indonesia, di Ruang Sidang Pimpinan UGM, Senin (21/7).
Dalam perjanjian ini, UNIQLO Indonesia dan Universitas Gadjah Mada (UGM) sepakat untuk melaksanakan Program Pengembangan Bakat. Inisiatif ini dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa yang berpotensi tinggi untuk berkarir di industri ritel global melalui paparan strategis terhadap kepemimpinan, praktik bisnis, dan keunggulan operasional UNIQLO.
Noriaki Koyama menyampaikan apresiasi atas kesempatan bisa bekerjasama dengan UGM. Ia mengaku senang bisa bekerja bersama dengan UGM sebagai salah satu universitas unggul di Indonesia dengan talenta berkelas dunia. “Saya senang, kita yang di First Retail memiliki kesempatan ini untuk bekerja bersama-sama secara dekat dalam mengembangkan pemimpin bisnis global masa depan dari Indonesia Melalui MoU ini”, katanya.
Dengan kerjasama ini, kata Noriaki Koyama, PT Fast Retailing Indonesia dan Universitas Gadjah Mada akan berkomitmen membangun kolaborasi strategis di bidang pendidikan, pengembangan sumber daya manusia, dan peningkatan daya saing lulusan. Nota Kesepahaman ini, katanya, akan segera ditindaklanjuti melalui koordinasi dengan Direktorat Kemahasiswaan dan Direktorat Pendidikan dan Pengajaran Universitas Gadjah Mada untuk merancang dan melaksanakan program-program kolaboratif berkelanjutan.
Beberapa program utama yang akan dilaksanakan dalam kemitraan ini meliputi Program Manajemen Global (GMP) berupa Kursus intensif lima hari di Kantor Ariake, Tokyo. Program yang menawarkan kesempatan eksklusif bagi mahasiswa untuk berinteraksi langsung dengan para pemimpin bisnis global, mendapatkan wawasan tentang industri ritel fesyen, dan mempelajari nilai-nilai serta strategi bisnis Fast Retailing. Selain itu juga Campus Hiring–UNIQLO Goes to Campus UGM sebuah program rekrutmen yang dirancang untuk menarik calon pemimpin UNIQLO langsung dari lingkungan universitas. “First Retailing telah berada di Indonesia selama lebih dari sepuluh dekade, dengan 77 toko di 19 negara. Kami juga memiliki sejarah yang panjang dengan UGM, banyak alumni UGM telah bergabung dengan kami melalui program GMP dan mereka telah berkembang untuk mengambil posisi pemimpin utama yang berkontribusi kepada kejayaan organisasi dan masyarakat Indonesia. Kami tetap berkomitmen untuk menjadi bagian dari pengembangan Indonesia dan pembangunan melalui produk, penjualan, dan usaha kesejahteraan”, terangnya.
Apresiasi juga disampaikan Danang Sri Hadmoko kepada PT First Retailing Indonesia atas kesempatan kerjasama ini. Disebutnya PT Fast Retailing Indonesia merupakan perusahaan di balik merek pakaian global UNIQLO yang berkomitmen pada inovasi dan secara aktif mendukung pendidikan sebagai bagian dari kontribusi positif kepada masyarakat.
Dia menyampaikan Indonesia memiliki bonus demografi yang sebagian besar dari mereka adalah orang muda. Di UGM saja, katanya memiliki lebih dari 60.000 mahasiswa yang sebagian diantaranya berharap mendapat kesempatan dari kolaborasi bersama ini. “Jadi, saya pikir kami memiliki banyak kesempatan untuk berkolaborasi, terutama dalam pengembangan talenta utamanya dengan industri seperti UNIQLO. Melalui kerjasama ini, kita juga ingin mengundang Anda untuk berinvestasi dalam sumber daya manusia di UGM”, capnya.
Penulis : Agung Nugroho
Foto : Firsto