Higiene Gigi

Program Studi Higiene Gigi (Dental Hygiene Program) Fakultas Kedokteran Gigi UGM merupakan program studi jenjang Sarjana (S1) pertama yang menyelenggarakan pendidikan higiene gigi di Indonesia. Program studi dibuka pada tahun 2008 yang awalnya bernama Program Studi Ilmu Keperawatan Gigi (Keputusan Rektor UGM Nomor 111/P/SK/HT/2008), kemudian tahun 2016 mengalami perubahan nama menjadi Program Studi Higiene Gigi (Keputusan Rektor No. 283/UNI.P/SK/Hukor/2016). Sejak tahun 2013, program studi ini telah meluluskan 311 lulusan yang telah tersebar ke berbagai wilayah di Indonesia. Visi program studi adalah menghasilkan lulusan yang unggul, inovatif, dan integratif mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan, yang dijiwai nilai-nilai budaya dan profesionalisme berdasarkan Pancasila. Misi program studi adalah menjalankan pendidikan, penelitian, pengabdian, dan pelayanan kepada masyarakat di bidang higiene gigi secara profesional dan berkualitas unggul, bermanfaat, mendukung pelayanan prima, serta berwawasan global.

Keunggulan

Lulusan Program Studi Higiene Gigi (Dental Hygiene Program) bertindak sebagai pemberi upaya pencegahan serta promosi kesehatan gigi dan mulut, penggerak program kesehatan gigi masyarakat, manajer klinik maupun administrator. Disamping itu dapat sebagai peneliti, pendidik dan berwirausaha di bidang terkait; yang berkontribusi aktif pada pemecahan berbagai permasalahan kesehatan gigi dan mulut, baik di tingkat lokal hingga nasional. Dalam upayanya mencetak Sarjana Higiene Gigi yang unggul, inovatif dan integratif serta mampu bersaing pada era global, Program Studi Higiene Gigi menggunakan sistem Student Center Learning (SCL) dalam proses pembelajarannya. Sistem ini membuat mahasiswa aktif, kreatif, serta berpengalaman dalam berbagai softskills lainnya. Proses pembelajaran berupa blended learning baik secara daring maupun tatap muka melalui kegiatan diskusi, tutorial, laboratorium keterampilan, praktik, presentasi kasus, dan praktik lapangan juga dilakukan oleh program studi. Program studi juga elalu melakukan pembaharuan metode pembelajaran mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Prospek Karir

Prospek karier lulusan program studi ini sangat luas dengan semakin kompleksnya permasalahan kesehatan gigi dan mulut, sehingga Sarjana Higiene Gigi banyak dibutuhkan dalam upaya bidang preventif dan promotif. Lulusan Program Studi Higiene Gigi banyak bekerja pada berbagai lembaga pemerintah dan swasta, baik lokal maupun nasional, seperti rumah sakit, puskesmas, instansi kesehatan, BPJS, pengajar, maupun bekerja di lembaga-lembaga lain yang bergerak dalam kesehatan gigi dan mulut. Dalam perkembangan di era industri 4.0 lulusan Program Studi Higiene Gigi mengikuti dan berperan dalam perkembangan teknologi, dibuktikan dengan banyaknya lulusan yang membangun media-media edukasi di bidang kesehatan gigi dan mulut.

Capaian

  • Terakreditasi “B” oleh LAM-PTKes (2019 – 2024)
  • Memiliki kerjasama internasional dengan berbagai institusi pendidikan Higiene Gigi di tingkat global serta institusi lain yang terkait (student mobility, staff mobility, research collaboration, elective program)
  • Anggota dari Perkumpulan Higienis Gigi di tingkat internasional (International Federation of Dental Hygienist (IFDH))
  • Memiliki ikatan alumni yang kuat dan terwadahi dalam Perkumpulan Higiene Gigi Indonesia; terdaftar pada Kementerian Hukum dan Asasi Manusia