Fakultas Kedokteran Hewan

Alamat : Jl. Fauna No.2, Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp : (0274) 560861, 560862
Faks : (0274) 560861
E-mail : fkh@ugm.ac.id
Web : www.fkh.ugm.ac.id
KUNJUNGI LAMAN FAKULTAS

Keunggulan

Lulusan program studi ini ahli dalam melakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium, diagnosis kesehatan hewan, penyidikan, pencegahan, dan penanganan penyakit hewan termasuk yang dapat menular ke manusia atau sebaliknya (zoonosis), serta penjaminan keamanan produk asal hewan baik pangan maupun non pangan.

Lulusan juga menguasai tata laksana pemeliharaan hewan, penyusunan nutrisi hewan, peningkatan produksi dan reproduksi hewan, penulisan resep, dan konservasi satwa. Kompetensi tersebut merupakan bekal dokter hewan dalam menyejahterakan manusia melalui kesehatan hewan dengan memperhatikan kualitas lingkungan.

Keunggulan tersebut akan dicapai setelah mahasiswa mempelajari ilmu dasar kedokteran hewan (anatomi, biokimia, fisiologi, kesejahteraan hewan), ilmu-ilmu pra klinik(bakteriologi, virology, imunologi, parasitologi, mikologi, farmakologi, patologi, radiologi, legislasi, ilmu pakan), ilmu-ilmu klinik dan kesehatan populasi (penyakit hewan kecil, penyakit hewan besar, bedah, reproduksi dan kebidanan, kesehatan masyarakat veteriner, epidemiologi, ekonomi veteriner).


Prospek Karir

Lulusan program studi ini ahli dalam melakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium, diagnosis kesehatan hewan, penyidikan, pencegahan, dan penanganan penyakit hewan termasuk yang dapat menular ke manusia atau sebaliknya (zoonosis),serta penjaminan keamanan produk asal hewan baik pangan maupun non pangan.

Lulusan program studi ini dapat bekerja di lembaga pemerintah antara lain kementerian Pertanian, Kementerian Kesehatan, Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi, lembaga-lembaga penelitian, TNI dan kepolisian, dinas-dinas teknis yang membidangi kesehatan hewan di propinsi maupun kabupaten, industri peternakan swasta/BUMN baik dalam dan luar negeri, lembaga konservasi satwa, bekerja praktek mandiri atau di klinik/rumah sakit hewan baik dalam dan luar negeri.

Program Studi

Capaian Pembelajaran Lulusan

  • Top 10 Karya Tulis Hukum Hubungan Internasional
  • Program Studi Hubungan Internasional Terbaik 2018 versi Webometrics
  • Akreditasi A