Obstetri dan Ginekologi

Program Studi Spesialis Obstetri Ginekologi memiliki visi menjadi program studi yang inovatif, unggul, profesional, berstandar internasional, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan, dijiwai nilai-nilai Pancasila.

Misi Program Studi adalah menyelenggarakan pendidikan yang berlandaskan kearifan lokal, etika mengutamakan keselamatan pasien, profesionalisme dan keilmuwan berbasis bukti, didukung kepemimpinan dan kerjasama tim; menyelenggarakan pendidikan, pelatihan kedokteran dan pengembangan profesional berkelanjutan; memfasilitasi pengembangan pelayanan spesialistik obstetri dan ginekologi; berperan dalam meningkatkan status kesehatan masyarakat, pemerataan tenaga pelayanan obstetri dan ginekologi di daerah tertinggal, perbatasan, rawan bencana, dan konflik.

Program Studi Obstetri Ginekologi bertujuan menghasilkan dokter spesialis obstetri dan ginekologi yang profesional, beretika, dan kompeten; mendapatkan reputasi unggul; mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan; membina kerjasama strategis, bersinergi dan berkelanjutan; berkomitmen mengabdi di daerah tertinggal, perbatasan, rawan bencana, dan konflik; peka terhadap kehidupan dan lingkungan sosial.

Keunggulan

Prodi PPDS 1 Obstetri Ginekologi mengikuti MRCOG Part I, yang diselenggarakan oleh Departemen Obstetri Ginekologi FK KMK UGM sebagai MRCOG Part I Exam Center. Residen Obgin melakukan presentasi tingkat nasional maupun internasional, dan telah memperoleh beberapa penghargaan. Kuliah pakar dengan pemateri berskala lokal, nasional, maupun internasional diselenggarakan secara langsung maupun webinar. Penelitian dilakukan staf dengan mengikutsertakan residen. Kerja sama dilakukan dengan beberapa institusi seperti Kegiatan Interaktif Akses Menuju Sehat Indonesia (IPAS), National University of Singapore (UGM-NUHS IWHP), serta dengan Cochrane Meeting. Pengabdian masyarakat dilakukan terkait berbagai topik seperti kesehatan reproduksi remaja, kontrasepsi, Program Pemberdayaan Masyarakat Mewujudkan Desa Peduli Kesehatan Perempuan.

Prospek Karir

Dokter spesialis Obstetri Ginekologi lulusan Prodi PPDS 1 Obstetri Ginekologi FK KMK UGM diharapkan memiliki karir yang sesuai dengan visi, misi, dan tujuan pendidikan. Para alumni dapat bekerja sesuai bidangnya di seluruh wilayah Indonesia dengan mengutamakan komitmen pengabdian. Kesempatan peningkatan kapasitas diri dalam bentuk kegiatan pendidikan obstetri ginekologi berkelanjutan senantiasa terbuka, baik dalam bentuk keikutsertaan pelatihan, maupun pendidikan formal seperti S2, S3, maupun konsultan.

Capaian

  • Peserta didik meraih kejuaraan presentasi baik oral maupun poster pada pertemuan ilmiah nasional maupun internasional
  • Lulusan memperoleh penghargaan tadjuludin award dari Kolegium Obstetri dan Ginekologi yaitu ajang perhargaan bagi lulusan yang mempunyai prestasi terbaik selama menjalani pendidikan
  • Terakreditasi A dari LAMPT-Kes