Orthopaedi dan Traumatologi

Orthopaedi dan Traumatologi adalah salah satu cabang ilmu kedokteran yang mempelajari tentang cedera akut, kronis, dan trauma serta gangguan lain sistem muskuloskeletal. PPDS Orthopaedi dan Traumatologi didirikan pada tahun 2006 dengan Visi menjadi Pusat pelayanan dan pendidikan di bidang Othopaedi dan Traumatologi serta memiliki divisi lengkap di tahun 2020 yang didukung penelitian berkualitas bertaraf nasional maupun internasional.

Keunggulan

PPDS Orthopaedi dan Traumatologi FK-KMK UGM memiliki berbagai keunggulan yaitu: • Memiliki staf pendidik dengan kompetensi divisi yang lengkap (Spine, Hip Knee & Adult reconstruction, Oncology, Pediatric, Hand & Microsurgery) dalam rangka menunjang proses belajar mengajar dan pelayanan yang komprehensif • Kerjasama dengan lingkup nasional dan internasional dalam upaya peningkatan kemampuan ilmiah, teknologi, dan ketrampilan klinik peserta didik dan staf pengajar • Memiliki jaringan kemitraan dengan berbagai rumah sakit baik pemerintah maupun swasta dalam lingkup nasional maupun internasional. • Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian kedokteran serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran bermutu internasional secara tepat guna dan menghasilkan publikasi ilmiah dalam taraf internasional.

Prospek Karir

Lulusan dari PPDS Orthopaedi dan Traumatologi FK-KMK UGM dapat mengabdikan dirinya di Rumah Sakit seluruh Indonesia baik pemerintah maupun swasta, melanjutkan studinya ke divisi yang lebih spesialistik, atau menjadi staf pendidik di Pusat Pendidikan Orthopaedi dan Traumatologi di seluruh Indonesia.

Capaian

  • Lama pendidikan ditempuh dalam waktu 9 semester, dengan sistem pendidikan Orthopaedi Dasar selama 4 semester dan Orthopaedi Lanjut selama 5 semester.