Patologi Anatomi

Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) I Patologi Anatomi (PA) FK-KMK UGM merupakan salah satu program studi unggulan yang mencetak dokter spesialis PA berstandar internasional, profesional, handal dalam penegakan diagnosis, menjunjung etika profesi, dan mampu bekerja sama dengan praktisi klinis yang lain dalam penanganan berbagai penyakit. Visinya adalah menjadi pusat pendidikan PA yang berstandar internasional yang inovatif dan unggul pada tahun 2025, berkontribusi pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat tingkat nasional maupun internasional serta menjadi pusat peneltian di bidang patologi yang berbasis molekuler. Pendidikan dapat ditempuh dalam waktu 7 semester, setelah peserta didik menyelesaikan tesis dan lulus 3 tahap ujian nasional.

Keunggulan

a) PPDS I PA FK-KMK UGM telah terakreditasi A oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) Indonesia sehingga kualitas lulusannya terjamin. Lulusan dari program studi ini juga diberi bekal ilmu lebih dalam hal penegakan diagnosis molekuler, mulai dari imunohistokimia sampai pemeriksaan genetika molekuler suatu tumor atau keganasan. Peserta didik akan menjalani 7 semester yang menyenangkan dan bebas bulliying, dengan biaya terjangkau. Sistem pembelajaran telah tertata dengan baik dengan indikator penilaian yang jelas. Peserta didik akan menjalani ujian kenaikan pada setiap akhir semester. Untuk menjaga keselarasan hidup, selain kegiatan akademik juga diselenggarakan kegiatan ekstrakulikuler, antara lain senam Taichi, yoga, dan memasak.

Prospek Karir

Lulusan program studi ini dapat berkerja di laboratorium baik di rumah sakit tipe A, B, maupun C, maupun laboratorium diagnostik di luar rumah sakit, lembaga penelitian, dan lembaga pendidikan baik milik pemerintah maupun swasta, di dalam negeri atau di luar negeri.

Capaian

  • 1. Lulusan sering mendapatkan predikat lulusan terbaik nasional 2. Peserta didik sering menjadi juara lomba presentasi poster maupun oral dalam pertemuan ilmiah tingkat lokal maupun nasional 3. Terkreditasi A LAM-PT Kes )