Ilmu Komputer

Program Sarjana Ilmu Komputer (UP-CS) didirikan pada tahun 1987. UP-CS berkomitmen untuk memberi siswa pendidikan dengan kualitas setinggi mungkin. Program ini menawarkan kesempatan bagi pelajar luar negeri dan Indonesia untuk belajar dan memperoleh gelar sarjana di bidang Ilmu Komputer dengan kurikulum berstandar internasional dan sangat baik.

Keunggulan

Lulusan Program Studi Ilmu Komputer memiliki kemampuan untuk membuat dan memperbaiki perangkat lunak sistem, melakukan dan mengawasi kegiatan instalasi dan pelayanan peralatan yang terkait dengan jaringan, membuat rancangan, mengimplementasikan, dan memonitor basis data dalam suatu organisasi, serta menerapkan prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak dalam mendesain, mengembangkan, menguji dan mengevaluasi perangkat lunak.

Prospek Karir

Lulusan Program Studi Ilmu Komputer dapat bekerja di lembaga pemerintahan, BUMN, perbankan, lembaga penelitian, industri dan wirausaha di bidang komputer, serta berbagai institusi dan perusahaan di bidang teknologi informasi. Adapun bidang karir lulusan meliputi software engineer, database administrator, network analyst, web developer, mobile application programmer, IT project manager, IT consultant, computer scientist, data scientist, dan lain-lain.

Capaian Pembelajaran Lulusan

1. SIKAP
  1. Berjiwa Pancasila dan memiliki kesadaran akan kepentingan bangsa.
  2. Memiliki tanggung-jawab, kepercayaan diri, kematangan emosional, etika, dan kesadaran menjadi pembelajar sepanjang hayat.
2. PENGUASAAN PENGETAHUAN
  1. Lulusan program studi ini diharapkan menguasai fondasi pengetahuan untuk ilmu komputer yang meliputi matematika, logika, elektronika, dan sains.
  2. Lulusan program studi ini diharapkan menguasai konsep-konsep teoritis bidang ilmu komputer, yang meliputi algoritme, komputasi, bahasa, struktur data, pemrograman, sistem komputer, pengolahan data, perangkat lunak, sistem cerdas, dan analisis numerik.
  3. Lulusan program studi ini diharapkan menguasai konsep-konsep terapan bidang ilmu komputer, yang meliputi metode-metode pemodelan, pembangunan, verifikasi, dan validasi perangkat lunak dalam ilmu komputer.
3. KETERAMPILAN KHUSUS
  1. Lulusan program studi ini diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar, teoritis, dan terapan yang telah diperoleh, serta mengadaptasi perkembangan state-of-the-art untuk menemukan solusi yang konstruktif terhadap masalah yang dihadapi.
  2. Lulusan program studi ini diharapkan mampu melaksanakan studi literatur dan melaksanakan penelitian mandiri dan berkelompok di bidang ilmu komputer.
  3. Lulusan program studi ini diharapkan memiliki keterampilan antar-pribadi yang baik, mampu bekerja di dalam tim dan memiliki rasa tanggungjawab pada pekerjaan sendiri, serta dapat diberi tugas untuk mendukung pencapaian hasil kerja tim.
  4. Lulusan program studi ini diharapkan mampu berkomunikasi dengan pemangku kepentingan dari beragam latar belakang menggunakan bahasa Inggris dan mampu menulis karya ilmiah sesuai dengan kaidah yang benar.
  5. Lulusan program studi ini diharapkan memiliki keterampilan untuk mengikuti perkembangan state-of-the-art pada bidang ilmu komputer pada khususnya dan untuk memperdalam pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat.
4. KETERAMPILAN UMUM
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk menghasilkan solusi yang diwujudkan dalam dokumen saintifik dan implementasi bidang keahlian yang berintegritas.
  2. Mampu mengembangkan jaringan kerja, beradaptasi, berkreasi, berkontribusi, mensupervisi, mengevaluasi dan mengambil keputusan dalam rangka menunjukkan kinerja mandiri dan kelompok untuk menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat.