UNIVERSITAS GADJAH MADA

PENELITIAN

Publikasi

Badan Penerbit dan Publikasi Universitas Gadjah Mada (BPP UGM) adalah unit pendukung publikasi sebagai Tridharma perguruan tinggi. Berdiri sejak Februari 2015, tujuan BPP UGM adalah untuk mendorong dan mendukung karya publikasi akademisi UGM dalam jurnal-jurnal ilmiah internasional. BPP bersama UGM Press adalah penerbit karya akademis di UGM.
SELENGKAPNYA

Jurnal Pilihan

Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, nomer register ISSN 2460-9447 (cetak), ISSN 2541 5883 (online) adalah jurnal ilmiah multidisipliner yang diterbitkan oleh Direktorat Pengabdian Masyarakat UGM.
Lihat Jurnal

agriTECH

AgriTECH dengan nomer register ISSN 0216-0455 (cetak) dan ISSN 2527-3825 (online) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan hasil riset dalam bidang pangan dan teknologi produk pertanian, teknik pertanian dan biosistem, dan teknologi agroindustri.
Lihat Jurnal

Jurnal Bioteknologi Indonesia

Jurnal Bioteknologi Indonesia (IJBiotech) adalah jurnal yang bersifat terbuka, dinilai oleh sejawat, dan jurnal multidisipliner yang didedikasikan pada penerbitan riset baru dalam segala bidang agroteknologi, dengan perhatian khusus diberikan pada eksplorasi dan pengembangan produk alam yang berasal dari keanekaragaman hayati tropis, khususnya Indonesia.
Lihat Jurnal

Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JSP)

Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JSP) adalah jurnal yang bersifat terbuka dan dinilai oleh sejawat.
Lihat Jurnal

Pengembangan Usaha dan Inkubasi

Berkomitmen untuk berperan aktif dalam memperkuat ekonomi negara, UGM mengembangkan kerjasama bisnis dan industri yang berdasar pada IPTEK. Fokus UGM pada riset adalah sejalan dengan kebijakan riset nasional Indonesia, yang meliputi bidang seperti ketahanan pangan, energi, kesehatan, transportasi, teknik, pertahanan dan keamanan, maritim, dan humaniora.
SELENGKAPNYA

Produk Unggulan Hasil Hilirisasi

Gama-cha

GAMA-CHA adalah bahan untuk kedokteran gigi, yaitu pengganti tulang untuk mempertahankan ruang (memperbaiki kelainan tulang) dalam kasus tulang rusak/hilang.

Inashunt

INASHUNT adalah alat dalam bentuk tabung/kanal yang menghubungkan fungsi ventrikel dan peritonial untuk mengeluarkan cairan otak yang berlebih.

NPC-Strip

NPC-Strip adalah alat untuk membantu diagnosis dan deteksi dini kanker nasofarings (NPC) dalam bentuk stik. Produk ini sudah mendapatkan sertifikat ijin produksi dan sedang dalam proses mendapatkan sertifikat ijin edar.

KalkuGama

Kalkugama membantu menghancurkan batu saluran kemih dalam ginjal dan saluran kemih dan membantu meredakan sakit ketika buang air kecil.

Pusat Studi

Sejak tahun 2014, Direktorat Riset menyusun beberapa kelompok riset untuk implementasi topik-topik riset strategis. Kelompok-kelompok riset ini didirikan berdasar SK Rektor dan memiliki topik riset yang sejalan dengan topik-topik riset strategis UGM. Kelompok riset beranggotakan periset-periset dari berbagai disiplin ilmu yang memiliki minat sama dan masing-masing kompeten di bidangnya.

Kepakaran Dalam Riset dan Tema

UGM merumuskan tema-tema riset strategis dari tahun 2017-2022 berdasar Kebijakan Umum UGM dan Rencana Induk UGM 2012-2037, Prioritas Riset UGM 2010-2020, mengacu pada Rencana Induk Riset Nasional 2017-2045. Kriteria untuk menentukan tema-tema riset strategis UGM meliputi:

Temukan Riset Kolaboratif

Dalam era yang semakin terbuka, disruptif, dan tanpa batas sekarang ini, peneliti selain dituntut untuk senantiasa menghasilkan karya secara mandiri juga dituntut untuk dapat melakukan kerjasama riset dengan peneliti lainnya di dalam negeri sehingga riset yang dilakukan dapat lebih komprehensif, dan diharapkan mampu mendorong dan memperkuat terjadinya kolaborasi dengan para peneliti di luar negeri dalam posisi yang setara, seimbang, dan kontributif. Hal ini dipandang perlu mengingat begitu cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersifat lintasdisiplin, sehingga kerjasama riset atau riset kolaboratif diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas riset dan pada akhirnya dapat meningkatkan jumlah publikasi dari para peneliti Indonesia dalam jurnal ilmiah bereputasi Internasional.

Fasilitas Penelitian

LPPT adalah laboratorium pusat UGM yang menyediakan dan memfasilitasi riset bagi mahasiswa, dosen, dan periset. LPPT diatur oleh sistem manajemen kualitas ISO 17025. Untuk memperbaiki kompetensi personalia laboratorium, LPPT juga memberikan pelatihan profesional terkait kalibrasi, pemeliharaan alat sesuai standar ISO 17025 yang meliputi manajemen dan pelatihan teknis. Dengan standar ini LPPT menjamin hasil pengujian dan kalibrasinya valid dalam meningkatkan kepercayaan diri nasabah. Kompetensi pengujian meliputi analisis pangan, susu, lingkungan hidup dan bahan bakar, dan ini akan diperluas ke bidang-bidang lain seperti mikotoksin, fitofarmaka, dan pengujian unsur kelumit.
SELENGKAPNYA

Berita

KUBIDIK, Inovasi Media Edukasi Permudah Soal Kodifikasi Penyakit

Bagi mahasiswa Perekam Medis Informasi Kesehatan (PMIK), mata kuliah soal kehamilan, kelahiran dan nifas masih menjadi momok, terutama pembelajaran terkait pemahaman materi pengkodean penyakit. Materi tersebut dianggap sulit terutama pada bab 15 ICD 10 terkait soal kehamilan, kelahiran dan nifas.[...]

Mahasiswa UGM Buat Alat Deteksi Cegah Pembalakan Liar

Kondisi hutan Indonesia kian memburuk dan jumlah luasan hutan terus mengalami penurunan dari waktu ke waktu. Data Forest Watch Indonesia (FWI) mencatat pada periode 2009-2013 laju deforestasi di Indonesia mencapai 1,13 juta hektare per tahun. “Banyak faktor penyebab deforestasi, sal[...]