Penelitian

Sebagai universitas riset berkelas dunia, Universitas Gadjah Mada mengembangkan berbagai penelitian sebagai solusi mengatasi permasalahan masyarakat dan bangsa.

Highlight

Mahasiswa UGM Teliti Pengaruh Konten Tiktok Terhadap Kemampuan Literasi Pelajar

  • 20 Mei 2024, 15.14
Kemajuan teknologi dan komunikasi sekarang ini memunculkan lahirnya berbagai platform penghubung pertemanan hingga media hiburan untuk saling berbagi kabar informasi lewat tulisan, foto maupun konten video.  Baru-baru ini, tim mahasiswa UGM yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Filsafat dan FMIPA UGM, tengah melakukan penelitian mengenai pengaruh konten singkat video Tiktok yang berimplikasi terhadap rentang perhatian atau attention span pelajar dan konsekuensinya terhadap tren penurunan […].

Melindungi Hak Peneliti, UGM Terus Sosialisasikan Perlindungan Kekayaan Intelektual

  • 17 Mei 2024, 16.31
Sebagai pelopor perguruan tinggi nasional yang unggul dan inovatif, UGM terus mendorong para penelitinya untuk produktif dalam menghasilkan karya ilmiah dan produk inovasi yang memberikan kemanfaatan bagi masyarakat.

Dosen Geografi Menjadi Visiting Researcher di Lembaga Riset Prancis: Menguatkan Kerja Sama Riset Antara UGM dan Tiga Universitas di Prancis

  • 17 Mei 2024, 14.35
Dr. Bachtiar Mutaqin, dosen Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM), mendapatkan hibah internasional Bourse Mobilité Sud-Nord dari lembaga riset di Prancis, Institut de recherche pour le développement (IRD), dan diundang sebagai Visiting Researcher di Magmas and Volcanoes Laboratory (LMV), Universitas Clermont-Auvergne (UCA).

Publikasi

Badan Penerbit dan Publikasi Universitas Gadjah Mada (BPP UGM) adalah unit pendukung publikasi sebagai Tridharma perguruan tinggi. Berdiri sejak Februari 2015, tujuan BPP UGM adalah untuk mendorong dan mendukung karya publikasi akademisi UGM dalam jurnal-jurnal ilmiah internasional. BPP bersama UGM Press adalah penerbit karya akademis di UGM.

Pelajari selengkapnya

Jurnal Pilihan

Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, nomer register ISSN 2460-9447 (cetak), ISSN 2541 5883 (online) adalah jurnal ilmiah multidisipliner yang diterbitkan oleh Direktorat Pengabdian Masyarakat UGM.
Lihat Jurnal

agriTECH

AgriTECH dengan nomer register ISSN 0216-0455 (cetak) dan ISSN 2527-3825 (online) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan hasil riset dalam bidang pangan dan teknologi produk pertanian, teknik pertanian dan biosistem, dan teknologi agroindustri.
Lihat Jurnal

Jurnal Bioteknologi Indonesia

Jurnal Bioteknologi Indonesia (IJBiotech) adalah jurnal yang bersifat terbuka, dinilai oleh sejawat, dan jurnal multidisipliner yang didedikasikan pada penerbitan riset baru dalam segala bidang agroteknologi, dengan perhatian khusus diberikan pada eksplorasi dan pengembangan produk alam yang berasal dari keanekaragaman hayati tropis, khususnya Indonesia.
Lihat Jurnal

Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JSP)

Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JSP) adalah jurnal yang bersifat terbuka dan dinilai oleh sejawat.
Lihat Jurnal

Pengembangan Usaha

Berkomitmen untuk berperan aktif dalam memperkuat ekonomi negara, UGM mengembangkan kerjasama bisnis dan industri yang berdasar pada IPTEK. Fokus UGM pada riset adalah sejalan dengan kebijakan riset nasional Indonesia, yang meliputi bidang seperti ketahanan pangan, energi, kesehatan, transportasi, teknik, pertahanan dan keamanan, maritim, dan humaniora.

Pelajari selengkapnya

Produk Unggulan
Hasil Hilirisasi

Venindo V-01

Venindo V01 adalah ventilator berkinerja tinggi untuk ICU. Mesin yang mendukung internet of things ini memiliki monitor layar sentuh 15,6 inci dan berbagai pilihan mode ventilasi, mulai dari CPAP hingga VC-CMV. Alat ini juga dilengkapi dengan alarm visual dan suara untuk memperingatkan volume, tekanan, dan gas tidal serta dapat terhubung ke WiFi untuk pemantauan aliran udara, oksigen, dan tekanan.

Venindo R-03

Venindo R-03 adalah ventilator darurat dan transportasi berbasis masker katup kantong dengan fitur-fitur seperti sirkuit pernapasan yang fleksibel, sistem kontrol, monitor dan alarm, serta baterai internal. Ventilator ini memiliki tiga mode ventilasi, yaitu CMV, SIMV, dan PSV.

ASILACT

Sebagai galaktagog herbal, Asilact membantu meningkatkan produksi ASI. Setiap kapsul Asilact mengandung daun katuk (Sauropus androgynus), daun kelor (Moringa oleifera), dan temulawak (Curcuma zanthorrhiza). Orang disarankan untuk mengonsumsi dua kapsul Asilact sekali sehari untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

AG-FIT

Dengan Centella asiatica (pegagan) dan Curcumae domesticae (kunyit), AG Fit membantu melancarkan peredaran darah otot dan bekerja sebagai antioksidan. Minum dua kapsul dua kali sehari untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Pusat Studi

Sejak tahun 2014, Direktorat Riset menyusun beberapa kelompok riset untuk implementasi topik-topik riset strategis. Kelompok-kelompok riset ini didirikan berdasar SK Rektor dan memiliki topik riset yang sejalan dengan topik-topik riset strategis UGM. Kelompok riset beranggotakan periset-periset dari berbagai disiplin ilmu yang memiliki minat sama dan masing-masing kompeten di bidangnya.

Kepakaran Riset dan
Tema

UGM merumuskan tema-tema riset strategis dari tahun 2017-2022 berdasar Kebijakan Umum UGM dan Rencana Induk UGM 2012-2037, Prioritas Riset UGM 2010-2020, mengacu pada Rencana Induk Riset Nasional 2017-2045. Kriteria untuk menentukan tema-tema riset strategis UGM meliputi:

Temukan Kolaboratif

Dalam era yang semakin terbuka, disruptif, dan tanpa batas sekarang ini, peneliti selain dituntut untuk senantiasa menghasilkan karya secara mandiri juga dituntut untuk dapat melakukan kerjasama riset dengan peneliti lainnya di dalam negeri sehingga riset yang dilakukan dapat lebih komprehensif, dan diharapkan mampu mendorong dan memperkuat terjadinya kolaborasi dengan para peneliti di luar negeri dalam posisi yang setara, seimbang, dan kontributif.

Hal ini dipandang perlu mengingat begitu cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersifat lintasdisiplin, sehingga kerjasama riset atau riset kolaboratif diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas riset dan pada akhirnya dapat meningkatkan jumlah publikasi dari para peneliti Indonesia dalam jurnal ilmiah bereputasi Internasional.

Kemenristekdikti

LPDP

Dosen Muda

KKP3T

Fasilitas Penelitian

LPPT adalah laboratorium pusat UGM yang menyediakan dan memfasilitasi riset bagi mahasiswa, dosen, dan periset. LPPT diatur oleh sistem manajemen kualitas ISO 17025. Untuk memperbaiki kompetensi personalia laboratorium, LPPT juga memberikan pelatihan profesional terkait kalibrasi, pemeliharaan alat sesuai standar ISO 17025 yang meliputi manajemen dan pelatihan teknis.

Dengan standar ini LPPT menjamin hasil pengujian dan kalibrasinya valid dalam meningkatkan kepercayaan diri nasabah. Kompetensi pengujian meliputi analisis pangan, susu, lingkungan hidup dan bahan bakar, dan ini akan diperluas ke bidang-bidang lain seperti mikotoksin, fitofarmaka, dan pengujian unsur kelumit.

SELENGKAPNYA
Pusat Bantuan Krisis
Skip to content