• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Promosi Doktor
  • Pembelian Kompulsif Pengaruhi Niat Beli Ulang Konsumen

Pembelian Kompulsif Pengaruhi Niat Beli Ulang Konsumen

  • 16 Agustus 2019, 15:16 WIB
  • Oleh: Ika
  • 4969
Pembelian Kompulsif Pengaruhi Niat Beli Ulang Konsumen

Pembelian kompulsif terbukti memiliki pengaruh pada niat beli ulang konsumen, antara lain melalui faktor disonansi kognitif, penyesalan, serta kepuasan.

Simpulan tersebut disampaikan oleh mahasiswa program doktor FEB UGM, Alfitman, S.E., M.Sc., saat ujian terbuka program doktor di kampus setempat Jumat (16/8). Saat itu, dia mempertahankan disertasi berjudul Pengaruh Pembelian Kompulsif Pada Nilai Beli Ulang Konsumen Berdasarkan Teori Disonansi Kognitif.

“Dari hasil survei dan analisis kasual pada wanita pengguna krim perawatan wajah klinik kecantikan di Indoensia menunjukkan bahwa pembelian kompulsif memang berpengaruh terhadap niat beli ulang konsumen,” jelas dosen Prodi Manajemen FE Universitas Andalas ini.

Dia mengatakan bahwa faktor kepuasan memiliki peran sentral dalam menjelaskan pengaruh pembelian kompulsif terhadap niat beli ulang konsumen tersebut. Konsumen tidak akan mempermasalahkan pembelian kompulsif mereka yang menyulitkan keuangan mereka, sepanjang dapat terpuaskan oleh produk yang dibeli.

“Dengan demikian, dalam sebuah pembelian dengan keterpaksaan berulang yang menimbulkan konflik bagi pelanggan mereka, pemasar masih bisa mengharapkan loyalitas perilaku dari pelanggan,”tuturnya. (Humas UGM/Ika; foto:Shutterstock)

Berita Terkait

  • Keluarga Dasar Pembentukan Perilaku Pembelian Kompulsif

    Thursday,17 July 2014 - 9:59
  • Norma Moral Signifikan Membentuk Sikap dan Niat Konsumen

    Friday,22 December 2017 - 15:45
  • Raih Doktor Usai Teliti Caused Related Marketing

    Thursday,21 June 2012 - 14:21
  • Aspek-Aspek Yang Mempengaruhi Pencarian Merek dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Kesikapan

    Tuesday,10 April 2007 - 10:39
  • Teori Perilaku Terencana dan Teori Kognisi Sosial Mampu Prediksi Niat dan Perilaku Individual

    Tuesday,21 August 2018 - 5:02

Rilis Berita

  • UGM Jalin Kerja Sama Pengembangan Riset dengan Africasia Investment and Resources 31 May 2023
    Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian, Pengembangan Usaha, dan Kerja Sama, Ignatius
    Gloria
  • Lustrum ke-12, Menuju Geografi Inovatif di Era Society 5.0 30 May 2023
    Tahun 2023, Fakultas Geografi UGM berusia 60 tahun. Sebuah waktu yang singkat untuk ukuran umur b
    Agung
  • Nano Kitosan Potensial Untuk Perawatan Gigi 30 May 2023
    Penyakit pulpa dan periapikal gigi masih menjadi persoalan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. D
    Ika
  • Kajian Strategis Power Wheeling Pada Seminar Nasional BEM KM Universitas Gadjah Mada 30 May 2023
    BEM KM Universitas Gadjah Mada mengadakan kegiatan seminar nasional dengan topik power wheeling y
    Satria
  • Visualisasi Keragaman Budaya Indonesia Pada Kegiatan Cultural Festival 30 May 2023
    UGM Residence mengadakan kegiatan cultural festival di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada
    Satria

Agenda

  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
  • 06Sep The 5th International Conference on Bioinformatics, Biotechnology, and Biomedical Engineering (BioMIC) 2023...
  • 02Oct Conference of Critical Island Studies...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual