• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Promosi Doktor
  • Pembelian Kompulsif Pengaruhi Niat Beli Ulang Konsumen

Pembelian Kompulsif Pengaruhi Niat Beli Ulang Konsumen

  • 16 Agustus 2019, 15:16 WIB
  • Oleh: Ika
  • 4837
Pembelian Kompulsif Pengaruhi Niat Beli Ulang Konsumen

Pembelian kompulsif terbukti memiliki pengaruh pada niat beli ulang konsumen, antara lain melalui faktor disonansi kognitif, penyesalan, serta kepuasan.

Simpulan tersebut disampaikan oleh mahasiswa program doktor FEB UGM, Alfitman, S.E., M.Sc., saat ujian terbuka program doktor di kampus setempat Jumat (16/8). Saat itu, dia mempertahankan disertasi berjudul Pengaruh Pembelian Kompulsif Pada Nilai Beli Ulang Konsumen Berdasarkan Teori Disonansi Kognitif.

“Dari hasil survei dan analisis kasual pada wanita pengguna krim perawatan wajah klinik kecantikan di Indoensia menunjukkan bahwa pembelian kompulsif memang berpengaruh terhadap niat beli ulang konsumen,” jelas dosen Prodi Manajemen FE Universitas Andalas ini.

Dia mengatakan bahwa faktor kepuasan memiliki peran sentral dalam menjelaskan pengaruh pembelian kompulsif terhadap niat beli ulang konsumen tersebut. Konsumen tidak akan mempermasalahkan pembelian kompulsif mereka yang menyulitkan keuangan mereka, sepanjang dapat terpuaskan oleh produk yang dibeli.

“Dengan demikian, dalam sebuah pembelian dengan keterpaksaan berulang yang menimbulkan konflik bagi pelanggan mereka, pemasar masih bisa mengharapkan loyalitas perilaku dari pelanggan,”tuturnya. (Humas UGM/Ika; foto:Shutterstock)

Berita Terkait

  • Keluarga Dasar Pembentukan Perilaku Pembelian Kompulsif

    Thursday,17 July 2014 - 9:59
  • Norma Moral Signifikan Membentuk Sikap dan Niat Konsumen

    Friday,22 December 2017 - 15:45
  • Raih Doktor Usai Teliti Caused Related Marketing

    Thursday,21 June 2012 - 14:21
  • Aspek-Aspek Yang Mempengaruhi Pencarian Merek dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Kesikapan

    Tuesday,10 April 2007 - 10:39
  • Teori Perilaku Terencana dan Teori Kognisi Sosial Mampu Prediksi Niat dan Perilaku Individual

    Tuesday,21 August 2018 - 5:02

Rilis Berita

  • UGM Terlibat Aktif Dalam Percepatan Penurunan Stunting di Jawa Tengah 03 February 2023
    Stunting masih menjadi persoalan kesehatan di Indonesia. Data Asian Development Bank mencatat ang
    Ika
  • Pimpinan UGM Tandatangani Komitmen Bersama Implementasi Manajemen Risiko 03 February 2023
    Penandatanganan Komitmen Bersama dilakukan oleh Majelis Wali Amanat, Rektor, Sena
    Gloria
  • Forgamas Dekatkan UGM Kepada Siswa Kelas XII di Banyumas 03 February 2023
    Forum Mahasiswa Gadjah Mada Banyumas (Formagamas) merupakan perkumpulan mahasiswa UGM se-Kabupate
    Agung
  • Fakultas Geografi UGM Dampingi Penyusunan Rencana Strategis Kabupaten Sukamara Kalteng 02 February 2023
    Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) menye
    Humas UGM
  • Pakar UGM: Lansia dan Warga Miskin DIY Perlu Mendapat Pemberdayaan dan Pendampingan Sosial 02 February 2023
    Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, berencana memberikan ban
    Gusti

Agenda

  • 07Feb Dies Natalis Fakultas Hukum UGM...
  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual