• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Guyub
  • Kabar UGM
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Promosi Doktor
  • Pembelian Kompulsif Pengaruhi Niat Beli Ulang Konsumen

Pembelian Kompulsif Pengaruhi Niat Beli Ulang Konsumen

  • 16 Agustus 2019, 15:16 WIB
  • Oleh: Ika
  • 4377
  • PDF Version
Pembelian Kompulsif Pengaruhi Niat Beli Ulang Konsumen

Pembelian kompulsif terbukti memiliki pengaruh pada niat beli ulang konsumen, antara lain melalui faktor disonansi kognitif, penyesalan, serta kepuasan.

Simpulan tersebut disampaikan oleh mahasiswa program doktor FEB UGM, Alfitman, S.E., M.Sc., saat ujian terbuka program doktor di kampus setempat Jumat (16/8). Saat itu, dia mempertahankan disertasi berjudul Pengaruh Pembelian Kompulsif Pada Nilai Beli Ulang Konsumen Berdasarkan Teori Disonansi Kognitif.

“Dari hasil survei dan analisis kasual pada wanita pengguna krim perawatan wajah klinik kecantikan di Indoensia menunjukkan bahwa pembelian kompulsif memang berpengaruh terhadap niat beli ulang konsumen,” jelas dosen Prodi Manajemen FE Universitas Andalas ini.

Dia mengatakan bahwa faktor kepuasan memiliki peran sentral dalam menjelaskan pengaruh pembelian kompulsif terhadap niat beli ulang konsumen tersebut. Konsumen tidak akan mempermasalahkan pembelian kompulsif mereka yang menyulitkan keuangan mereka, sepanjang dapat terpuaskan oleh produk yang dibeli.

“Dengan demikian, dalam sebuah pembelian dengan keterpaksaan berulang yang menimbulkan konflik bagi pelanggan mereka, pemasar masih bisa mengharapkan loyalitas perilaku dari pelanggan,”tuturnya. (Humas UGM/Ika; foto:Shutterstock)

Berita Terkait

  • Keluarga Dasar Pembentukan Perilaku Pembelian Kompulsif

    Thursday,17 July 2014 - 9:59
  • Norma Moral Signifikan Membentuk Sikap dan Niat Konsumen

    Friday,22 December 2017 - 15:45
  • Raih Doktor Usai Teliti Caused Related Marketing

    Thursday,21 June 2012 - 14:21
  • Aspek-Aspek Yang Mempengaruhi Pencarian Merek dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Kesikapan

    Tuesday,10 April 2007 - 10:39
  • Teori Perilaku Terencana dan Teori Kognisi Sosial Mampu Prediksi Niat dan Perilaku Individual

    Tuesday,21 August 2018 - 5:02

Rilis Berita

  • UGM Segera Bangun Kawasan Kerohanian 21 May 2022
    UGM akan memulai pembangunan Kawasan Kerohanian dengan sejumlah bangunan untuk mewadahi kegiatan
    Satria
  • Rektor UGM Pastikan Pelaksanaan UTBK 2022 di UGM Berjalan Lancar 21 May 2022
    Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU., ASEAN Eng., melakukan peninjauan pelak
    Ika
  • Rektor Resmikan Wisma MIC UGM 21 May 2022
    Ika
  • Pembukaan Rangkaian Dies Natalis Fakultas Filsafat UGM ke-55 21 May 2022
    Rangkaian acara Dies Natalis ke-55 Fakultas Filsafat UGM resmi dibuka, Jumat (20/5). Acara pembuk
    Satria
  • Harapan Warga UGM Pada Rektor Baru 20 May 2022
    Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG (K), Ph.D., terpilih sebagai Rektor UGM periode 2022-2
    Ika

Info

  • Streaming Studium Generale MKWU Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada
    05 November 2019
  • Streaming Wisuda Diploma dan Sarjana UGM Periode Agustus 2019
    21 August 2019
  • Video Streaming Penutupan PPSMB 2019 Universitas Gadjah Mada
    09 August 2019
  • Streaming Sosialisasi Penelitian Desentralisasi, Kompetitif Nasional, dan Penugasan Tahun 2020
    01 August 2019
  • Streaming wisuda Pascasarjana UGM Periode Juli 2019
    24 July 2019

Agenda

  • 30May International Academic Conference on Tourism (INTACT) 2022 ...
  • 21Jul The International Conference on Sustainable Environment, Agriculture, and Tourism (ICOSEAT)...
  • 07Sep The 8th International Conference on Science and Technology (ICST 2022)...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2022 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual