Sekelompok mahasiswa UGM yang tergabung dalam Tim PKM-Kewirausahaan menciptakan produk boneka budaya yang terintegrasi dengan teknologi. Produk boneka yang mereka buat mengusung karakter tokoh cerita rakyat Nusantara. Boneka dari tokoh cerita rakyat ini diambil mengandung pesan moral yang baik untuk mengedukasi anak sejak dini di tengah gempuran budaya asing yang mulai marak di Indonesia.
Produk boneka yang telah diproduksi saat ini diambil dari karakter cerita rakyat Malin Kundang dan Roro Jonggrang. Pemilihan boneka kedua cerita tersebut dianggap cocok untuk edukasi pesan moral bagi anak, yakni berbakti pada orang tua dan memiliki sikap menepati janji di kehidupan sosial. “Karena produk boneka yang paling sering beredar dari luar dan tidak mencerminkan nilai Indonesia, kami berinisiatif menciptakan boneka yang dapat merepresentasikan nilai moral Indonesia sebagai edukasi anak di usia dini,” ucap Anugerah, Tim PKM-K Bobusa.id, Selasa (14/9) ). Selain Anugerah, pengembangan boneka tokoh dongeng nusantara terdiri Landrikus Andra, Deritanti, dan Reksan Ridho.
Anugerah menuturkan produk mereka sementara ini terdiri dari boneka Malin Kundang atau Roro Jonggrang dengan spesifikasi produk yang memiliki dimensi tinggi 30 cm. Lalu, satu kartu berisi QR Code berukuran 6,3 cm x 8,8 cm yang terintegrasi dengan link Youtube animasi buatan Tim PKM-K, serta kemasan produk berbahan kertas ivory dengan latar belakang daerah boneka.
Pengembangan produk boneka antara tantangan ini sebagai upaya mandiri budaya dongeng nusantara dengan berintegrasi dengan teknologi terkini yakni QR Code yang tersambung ke video animasi interaktif dari cerita rakyat. Pengembangan inovasi ini dapat mendukung pola asuh orang tua yang tepat akan berpengaruh pada perkembangan anak di masa depan. “Kita diharapkan mampu menjadi media edukasi sekaligus teman bermain anak,” ujarnya.
Penggunaan produk Bobusa.id pun cukup mudah, pengguna hanya perlu menggunakan QR Code yang tersedia yang nantinya akan langsung terhubung dengan video animasi rakyat yang dipilih sesuai bonekanya. “Integrasi dengan teknologi melalui QR Code yang dipindai dan terhubung dengan YouTube Kami ini sebagai upaya agar anak dapat belajar melalui video interaktif tersebut,” jelas Anugerah.
Saat ini produk boneka Bobusa.Id dibanderol dengan harga Rp75.000/pcs dan Rp145.000 untuk paket bundling (pembelian 2 boneka). Produk Bobusa.Id juga dapat dicapai melalui akun Shopee dan Tokopedia atau lewat Instagram @ bobusa.id .
Penulis : Gusti Grehenson