• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • UGM Buka Layanan Call Center Psikososial Bagi Sivitas

UGM Buka Layanan Call Center Psikososial Bagi Sivitas

  • 08 April 2020, 09:51 WIB
  • Oleh: Ika
  • 3473
UGM Buka Layanan Call Center Psikososial Bagi Sivitas
Setelah membuka layanan call center Covid-19, kini UGM membuka call center psikososial Covid-19 bagi sivitas akademikanya.
 
Layanan call center psikososial ini dibuka sejak Senin (6/4). Dibuat sebagai upaya untuk memberikan dukungan pada mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan UGM dalam mengurangi beban psikologis dan sosial akibat pandemi Covid-19.
 
"Utamanya kita buka untuk melayani mahasiswa yang merupakan kelompok paling rentan. Jika membutuhkan dukungan bisa menghubungi call center psikososial UGM di nomor 0811 285 1221," kata Tim Psikolog Satgas Covid-19 UGM, Dr. Diana Setiyawati, M.HSc.Psy., saat dihubungi Rabu(8/4).
 
Diana menyebutkan layanan dukungan sosial tersebut ditujukan  mahasiswa dan sivitas akademik agar tetap berfungsi optimal dalam situasi krisis. Nantinya setiap sivitas akademika yang menghubungi layanan ini akan diukur kebutuhannya. Selanjutnya, dari hasil pengukuran itu akan dilakukan tindak lanjut. Misalnya, apakah diperlukan pendampingan psikososial selama menjalani phsyical distancing, bantuan pemenuhan kebutuhan dasar, bantuan psikolog hingga psikiater.
 
Dia menyampaikan layanan call center ini dikembangkan oleh tim Health Promoting University UGM bekerja sama dengan Center for Public Mental Health (CPMH) dan Unit Konsultasi Psikologi Fakultas Psikologi UGM. Adapun tim relawan yang berada di garda depan layanan call center merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi UGM.  Relawan Psikologi Gajah Mada (Repsigama) juga diturunkan dan akan bekerja sama dengan sekitar 200 relawan mahasiswa lintas disiplin yang disiapkan bertugas di layanan call center psikososial secara bergantian.
 
"Mereka telah dibekali dengan phsycological first aid atau pertolongan pertama psikologis. Jadi, saat mendengarkan keluhan sudah mampu menenangkan atau memberikan respons empatik," ucapnya.
 
Menurutnya, keadaan saat ini yang tidak biasa menuntut seseorang untuk beradaptasi dengan perubahan dan menghadapi banyak ketidakpastian. Reaksi yang muncul biasanya bisa berupa kecemasan, ketakutan, perasaan negatif/positif berlebihan, sulit konsentrasi, nafsu makan berkurang/berlebih, pola tidur terganggu, dan berbagai reaksi fisik yang membuat merasa tidak nyaman serta mengganggu aktivitas sehari-hari.
 
"Jika merasakan hal tersebut jangan ragu untuk menghubungi layanan Call Center Dukungan Psikososial. Kerahasiaan Anda akan terjaga,"jelas dosen sekaligus Kepala CPMH Fakultas Psikologi UGM ini. 
 
Dia menjelaskan terdapat bermacam-macam penyebab individu menjadi lebih rentan dari yang lain untuk mengalami kecemasan, stres, depresi, bahkan pikiran untuk bunuh diri. Beberapa diantaranya adalah memiliki penyakit fisik baik terkait Covid-19 atau penyakit lainnya, menderita sakit secara psiskis sebelum masa pandemik ini, persoalan ekonomi, keterbatasan dalam belajar karena fasilitas tidak mendukung. Lalu, konflik dengan keluarga karena terus di rumah.
 
"Bisa juga karena dan lingkungan tempat tinggal maupun kos yang tidak kondusif seperti ukurannya terlalu kecil atau terlalu padat,"terangnya. 
 
Oleh sebab itu, dia kembali menyampaikan kepada sivitas akademika UGM yang merasa membutuhkan dukungan psikososial untuk tidak ragu menghubungi layanan call center psikososial UGM.
 
Penulis: Ika
 
 
 
 
 
 

Berita Terkait

  • UGM Buka Layanan Call Center Psikososial Bagi Sivitas

    Wednesday,08 April 2020 - 9:51
  • UGM Buka Layanan Call Center Covid-19

    Saturday,04 April 2020 - 20:39
  • Bantu Mahasiswa Perantauan Selama Pandemi, UGM Buka Call Center Posko Logistik

    Thursday,09 April 2020 - 12:56
  • Pandemi Berkepanjangan, UGM Siapkan Tim Psikolog

    Sunday,11 July 2021 - 9:16
  • CDC Fisipol-Magister Psikologi Maksimalkan Layanan Konseling

    Wednesday,21 April 2021 - 22:03

Rilis Berita

  • Pakar UGM: Kemiskinan Seringkali Jadi Ajang Komoditas 31 January 2023
    Daerah Istimewa Yogyakarta ditetapkan sebagai provinsi termiskin di Pulau Jawa berdasarkan hasil
    Gusti
  • Pengamat UGM: Jangan Melihat Masyarakat Desa seperti 30-50 Tahun yang Lalu 31 January 2023
    Menuju pemilihan umum 2024, berbagai kampanye politik gencar dilakukan sejak tahun lalu
    Satria
  • FKKMK dan ANU Indonesia Project Meluncurkan Buku In Sickness and in Health: Diagnosing Indonesia 31 January 2023
    Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM) da
    Agung
  • UGM Ajak Perguruan Tinggi Daerah Berkolaborasi Dukung Pembangunan Smart City di IKN 31 January 2023
    Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas G
    Gloria
  • Fenomena Perpajakan di Indonesia: Sentimen terhadap Pajak Positif tapi Kepatuhan Membayar Pajak Rendah 30 January 2023
    Mahasiswa Program Doktor Ilmu Psikologi UGM, Ika Rahma Susilawati, menulis disertasi berjudul &ld
    Gloria

Agenda

  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual