• Berita
  • Arsip Berita
  • Simaster
  • Webmail
  • Direktori
  • Kabar UGM
  • Suara Bulaksumur
  •  Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
  • Pendidikan
    • Promosi Doktor
    • Pengukuhan Guru Besar
    • Wisuda
  • Prestasi
  • Penelitian dan Inovasi
    • Penelitian
    • PKM
    • Inovasi Teknologi
  • Seputar Kampus
    • Dies Natalis
    • Kerjasama
    • Kegiatan
    • Pengabdian
    • Kabar Fakultas
    • Kuliah Kerja Nyata
  • Liputan
  • Cek Fakta
  • Beranda
  • Liputan/Berita
  • Sosialisasi Implementasi Pengelolaan Keuangan BLU

Sosialisasi Implementasi Pengelolaan Keuangan BLU

  • 01 Februari 2013, 10:52 WIB
  • Oleh: Agung
  • 5247

Pemberlakuan pengelolaan keuangan Badan Layanan umum untuk Perguruan Tinggi Negeri eks Badan Hukum Milik Negara (PT. BHMN) membatasi ruang “kemerdekaan” dalam pengelolaannya. Sebaliknya bagi PTN di luar PTBHM, pemberlakuan ini memberikan ruang “kemerdekaan” dalam pengelolaan keuangannya.

Prof. Drs. Mohammad Nasir, M.Si, Dekan FEB UNDIP, mengaku aturan pengelolaan Badan Layanan Umum menjadikan beberapa PTN bukan PT BHMN lebih leluasa dalam pengelolaanya. Dengan konsep BLU, pendapatan yang diterima seperti Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) dapat dipergunakan secara langsung.

“Seperti membuat SPBU untuk kebutuhan kampus. Bagi kami yang tadinya PTN, BLU tentu memberi kemerdekaan, tapi bagi yang PT BHMN tentu sebaliknya,”

katanya di ruang Balai Senat UGM, Kamis (31/1) saat menjadi pembicara pada Sosialisasi Implementasi Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum.

Dalam sosialisasi yang dibuka Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UGM, Prof. Dr. Budi S. Wignyosukarto, Dip., H.E, turut membagi pengalaman Kanwil DXIV Ditjen PBN DIY, Drs. Hendro Baskoro, MM dan Ketua Tim PPK BLU ITB, Ir. Mary Handoko Wijoyo, M.Sc Dekan FEB UNDIP. Pembicara lainnya, Wakil Rektor Bidang PKSI UGM, Dr. Didi Achjari, M.Com., Ak dan ULP UNNES, Drs. Herry Suroso, S.T., M.T, dengan bertindak selaku moderator Drs. Haryono, M.Com, Ak, Direktur Keuangan UGM.

Wakil Rektor Bidang PKSI, Dr. Didi Achjari, M.Com mengatakan dengan pengelolaan mengacu Badan layanan Umum maka UGM setidaknya harus menyusun standar pelayanan minimum. Sebab saat ini standar layanan minimun tersebut masih bervariasi.

Seperti layanan ditingkat universitas dan fakultas masih bermacam-macam.

Ada standar layanan yang sudah baik, artinya layanan sangat cepat, penuh senyum dan ramah, namun ada layanan yang sebaliknya.

“Ini perlu kita benahi, memang ada beberapa unit sudah menerapkan ISO. Sayang ISO tidak inline dengan standar layanan minimum, karena ISO menulis apa yang dilakukan, dan lakukan apa yang ditulis. Ini tidak menjamin layanan minimum terlayani disemua unit di lingkungan UGM, sehingga tentu menjadi pekerjaan rumah kita,”paparnya. (Humas UGM/ Agung)

Berita Terkait

  • FEB UGM Kembangkan SIDEK DESA untuk Rapikan Pencatatan Keuangan Desa

    Monday,26 August 2019 - 15:48
  • UGM dan Pemkot Pangkal Pinang Kerja Sama Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah

    Monday,22 March 2010 - 16:01
  • Hadapi Perubahan Status, UGM Upgrade Aplikasi Sisitem Informasi Keuangan

    Tuesday,14 February 2012 - 13:01
  • SEMINAR TANTANGAN IMPLEMENTASI UU

    Tuesday,31 May 2005 - 13:42
  • Pertahankan Predikat WTP, UGM, UIN dan BPKP Jalin Kerjasama

    Saturday,15 October 2011 - 9:01

Rilis Berita

  • Tim Calon Pemborong Juara 3 National Tender Competition The 20th CENS Universitas Indonesia 2022 29 March 2023
    Tim Calon Pemborong yang digawangi tiga mahasiswa UGM berhasil meraih juara 3 National Tender Com
    Agung
  • Pengamat Sosial UGM: Validasi DTKS Perlu Dilakukan Agar Penyaluran Bansos Tepat Sasaran 29 March 2023
    Pemerintah akan menyalurkan sejumlah bantuan sosial (bansos) bagi warga kurang mampu di bulan ram
    Ika
  • UGM Bangun Kolaborasi Riset Internasional 29 March 2023
    Beberapa perguruan tinggi di Indonesia seperti UGM, UI, ITB, IPB, ITS dan Universitas Airlangga t
    Gusti
  • Pengamat UGM: Penting, Energi Murah dan Topang Ekonomi Berkelanjutan 29 March 2023
    Dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045, Presiden Joko Wid
    Agung
  • UGM Rintis Pembentukan Unit Layanan Disabilitas 29 March 2023
    UGM merintis pembentukan Unit Layanan Disabilitas (ULD) untuk memberikan layanan dan fasilitasi b
    Ika

Agenda

  • 02Jul Dies Natalis MM UGM...
Universitas Gadjah Mada
UNIVERSITAS GADJAH MADA
Bulaksumur Yogyakarta 55281
   info@ugm.ac.id
   +62 (274) 6492599
   +62 (274) 565223
   +62 811 2869 988

Kerja Sama

  • Kerja Sama Dalam Negeri
  • Alumni
  • Urusan Internasional

TENTANG UGM

  • Sambutan Rektor
  • Sejarah
  • Visi dan Misi
  • Pimpinan Universitas
  • Manajemen

MENGUNJUNGI UGM

  • Peta Kampus
  • Agenda

PENDAFTARAN

  • Sarjana
  • Pascasarjana
  • Diploma
  • Profesi
  • Internasional

© 2023 Universitas Gadjah Mada

Aturan PenggunaanKontakPanduan Identitas Visual