Mahasiswa FT UGM kembali memperoleh prestasi membanggakan di tingkat nasional pada perlombaan National Economic Essay Competition (NESCO) 2024 yang diselenggarakan oleh HMP Kelompok Studi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga. Lomba diawali dengan seleksi yang diikuti oleh 89 tim yang kemudian dilanjutkan dengan presentasi final oleh enam tim pada Sabtu (8/6).
Pada presentasi final ini, Tim Kekar yang beranggotakan Avisena Kemal El-Syifa (Teknik Fisika 2021) dan Sekar Kinanti (Teknik Industri 2021) berhasil memperoleh juara satu. Tim Kekar mengusulkan karya tulis dengan judul “MoneyPath: Permainan Simulasi sebagai Peningkatan Literasi Keuangan Generasi Z melalui Pengalaman Finansial yang Realistis Menuju Masa Depan Ekonomi Indonesia yang Kuat”.
Karya tulis tersebut mengusung permasalahan Generasi Z yang cenderung konsumtif. Kebiasaan ini sering disebabkan oleh rasa fear of missing out (FOMO) yang kemudian tidak dipertimbangkan dengan baik. FOMO ini dapat berujung pada penggunaan fasilitas paylater yang berlebihan, yang merupakan salah satu contoh keputusan finansial yang buruk.
MoneyPath adalah edukasi finansial yang dikemas dalam bentuk aplikasi permainan simulasi kehidupan (life simulator). Pemain dihadapkan dengan situasi dunia nyata mengenai implikasi setiap keputusan finansial yang diambil dalam hidup seperti pengelolaan uang terkait pengeluaran untuk kebutuhan, keinginan, dan juga investasi. Kemal, salah satu anggota Tim Kekar menyebut adanya simulasi ini bertujuan untuk melatih Generasi Z untuk lebih sadar akan konsekuensi dari tindakan finansialnya dan mencegah impulsivitas.
Tim Kekar berharap MoneyPath dapat melatih Generasi Z untuk memiliki kemampuan pengelolaan finansial yang baik dan membantu dalam mencapai tujuan finansial, bahkan bersiap dalam menghadapi tantang finansial yang lebih kompleks di masa depan. Selain itu, adanya MoneyPath ini diharapkan dapat membantu peningkatan literasi keuangan Generasi Z dalam untuk memaksimalkan potensi bonus demografi sebagai motor perekomian Indonesia pada masa mendatang.
Penulis: Humas FT